SHARE THIS ARTICLE

Jangan salah, walaupun Tokyo adalah kota yang sangat modern, dia tetap menyisakan wajah klasik Jepang. Datanglah ke Kuil Meiji, wisatawan akan dibuat terkagum-kagum dengan tempat yang rimbun ini.

Meiji Shrine (1)
Kuil Meiji ramai dikunjungi wisatawan (meijijingu.or.jp)

Meiji Shrine, berada di Shibuya dan berdekatan dengan Taman Yoyogi yang dikelilingi oleh lebatnya pepohonan yang luas. Kuil Meiji pernah hancur pada saat Perang Dunia II dan dibangun kembali berdiri kokoh hingga saat ini.

Dari situs resmi pariwisata Tokyo, Selasa (7/10/2014) Kuil Meiji ini dibangun pada tahun 1920 untuk didedikasikan kepada Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken yang diagungkan. Kuil ini menjadi salah satu kuil yang populer di Tokyo.

Meiji Shrine (4)
Torii gate, gerbang masuk menuju kuil (Gotokyo.org)

Bangunan utama kuil terletak 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk gerbang atau torii yang berukuran besar. Ketika Anda memasuki kawasan ini, ketenangan dan kesejukan akan kita dapatkan. Lokasinya berada di tengah hutan dengan 100 ribu pohon yang membentuk hutan Meiji akan menambah kesakralan dan keseruan tersendiri.

Meiji Shrine (3)
Kuil Meiji berada di tengah hutan lebat (Gotokyo.org)

Sampai di kuil, Anda bisa melihat serangkaian ibadah Shinto seperti membuat persembahan, membeli jimat dan menuliskan doa harapan yang ingin dicapai. Setiap awal tahun baru, biasanya kuil ini ramai kedatangan pengunjung dan peziarah. Sekitar lebih dari 3 juta pengunjung datang untuk melakukan ibadah awal tahun (Hatsumode).

Meiji Shrine (2)
Treasure House (meijijingu.or.jp)

Menariknya di kuil ini terdapat Treasure House (Homotsuden), yaitu sebuah museum yang berada di sebelah utara kuil untuk menyimpan barang-barang pribadi peninggalan Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken. Wisatawan bisa melihat Kereta kuda yang pernah dipakai kaisar ketika membacakan deklarasi Konstitusi Meiji pada tahun 1889.

Wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjungi kuil Meiji alias gratis. Hanya saja jika pengunjung ingin mengunjungi Treasure House, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 500 Yen (Rp 56.000).

Kemudian yang tak kalah menarik, Anda juga bisa mengunjungi sebuah taman di sekitar kuil yang bernama Inner Garden. Di sana terdapat sebuah sumur tua yang dulunya pernah dikunjungi kaisar dan permaisuri. Cukup mengeluarkan biaya 500 Yen, kita sudah bisa mengunjungi Inner Garden ini.

Jam oprasional Treasure House dan Inner Garden buka dari pukul 09.00 sampai 16.00. Pada bulan-bulan tertentu kita juga bisa berada di sana sampai pukul 16.30.

Cara ke sana:

Wisatawan bisa naik subway Chiyoda (jalur hijau) atau Fukutoshin (jalur coklat) dan turun di Stasiun Meiji-jingumae. Atau bisa juga naik kereta JR Yamanote turun di Stasiun Harajuku. Kuil Meiji tinggal 5 menit jalan kaki dari sana.

Source : travel.detik.com
COMMENT