SHARE THIS ARTICLE

meibi-1

Kalau Akimoto Yasushi merekrut cewek-cewek Indonesia untuk membentuk JKT48, kita dari Indonesia punya Meibi Photography yang berkolaborasi dengan cewek-cewek Jepang dari Nagoya.

Meibi Photography (名美写真) adalah suatu proyek fotografi yang dikerjakan oleh Agro yang saat ini sedang kuliah di Jepang. Pada awalnya, Meibi Photography dibuat untuk mengenalkan keindahan kota Nagoya ke seluruh penjuru dunia.

meibi-2

Kalau orang mendengar Jepang, tempat-tempat yang pasti terbayang adalah Tokyo, gunung Fuji, atau Kyoto. Tapi tidak Nagoya. Dari ketidakpuasan itu, Meibi Photography berusaha mengubahnya dengan media seni fotografi, awalnya dengan foto-foto pemandangan yang menggunakan teknik bernama HDR.

meibi-photography

Namun seiring dengan berjalannya waktu, konsep Meibi Photography pun berkembang. Untuk mengenalkan suatu wilayah, akan lebih menarik jika orang-orang yang tinggal di sana memperkenalkannya! Maka perlahan-lahan Meibi Photography mulai berkolaborasi dengan murid-murid dari berbagai universitas di Nagoya. Kini foto-foto landmark di Nagoya dipadukan dengan model-model yang imut.

meibi-photography

Konsep Meibi Photography berbeda dengan foto gravur atau idol kebanyakan. Biasanya kalau kita mendengar idol Jepang, foto-foto dengan baju minim akan terbayang. Coba saja ke convenience store di Jepang, bisa dijamin member-member AKB48 akan menghias halaman sampul majalah dengan bikininya pada musim dingin sekalipun! Tapi di sini Meibi Photography berusaha keluar dari stereotip itu, dan sebagai gantinya berusaha mencari keindahannya dengan mendorong baik segi teknik maupun seni fotografi ke batasnya.

meibi-photography

Ya, Meibi Photography bukanlah grup idol. Model-modelnya hanya murid biasa dengan mimpi masing-masing. Ada Toko-chan yang saat ini sedang menempuh ilmu di luar negeri, ada Hiroko-chan yang liburan lalu melakukan kerja sukarela untuk anak-anak di Kamboja, dan ada Mayu-chan yang sangat cinta Nagoya sehingga selalu aktif mengadakan event-event lokal. Mereka bukanlah “idol” dalam artian konvensional, tapi semangatnya untuk mengejar mimpi masing-masing tidak kalah dengan mereka yang mengejar mimpi di atas panggung.

meibi-photography

Sebagai individu, Agro yang menekuni fotografi dari tahun 2010 ini pernah menggelar pameran fotografi di Sakae bersama temannya Rina Matsuo bertajuk “Sorezore no Michi” (Jalan Masing-Masing), tidak jauh dari teater SKE48. Pameran foto sebagai Meibi Photography dijadwalkan di awal tahun ini.

meibi-photography

Apakah Meibi Photography bisa semakin besar dan mengharumkan nama Indonesia di Jepang sana? Ataukah proyek ini hanya akan jadi hobi sesaat yang pada akhirnya terbengkalai? Mengenai hal ini, Meibi Photography mengatakan bahwa sebetulnya banyak ide untuk pengembangan ke depannya. Salah satu bentuk ide yang telah terlaksana misalnya kolaborasi dengan seniman-seniman Indonesia seperti Titan sang drummer dari band HENOHENOMOHEJI untuk pembuatan video making. Jadi mari kita tunggu sepak terjang berikutnya dari proyek ini!

Untuk mendapatkan foto-foto resolusi tinggi terbaru dari Meibi Photography, silahkan mengunjungi dan like halaman Facebooknya:

http://facebook.com/meibi.shashin

 

COMMENT