SHARE THIS ARTICLE

Bagi para wota 48 Group, terlebih wota SKE48, terlebih lagi yang oshimen-nya Yuria Kizaki, kurang lebih dikejutkan oleh foto yang diunggah member tersebut. Banyak fansnya di Indonesia yang mengira itu onde-onde, penganan khas Indonesia.  Padahal sih, Yuria sudah mengatakan di laman G+-nya, penganan itu bernama Goma Dango (ごま団子).

SONY DSC

Goma Dango ini konon berasal dari China. Dan di China, penganan bulat-bulat dan berwijen ini disebutnya Jia Dui. Goma Dango ini juga merupakan bagian dari varietas dango.

Dango sendiri merupakan penganan Jepang yang berbentuk bulat dan manis, yang terbuat dari tepung beras (mochiko), dan biasanya disajikan beserta teh hijau. Selain Goma Dango, ada beberapa jenis dango lainnya. Contohnya seperti Chadango, dango yang berasa seperti teh hijau.

Nah khusus untuk Goma Dango sendiri, yang di Malaysia disebutnya kuih bom, atau di Filipina disebutnya butsi, beginilah cara pembuatannya:

Bahan-bahan yang dipersiapkan (untuk 16 Goma Dango):

1. 200 gram dango (bulat-bulatannya yang belum diisi kacang hijau).

2. 150 ml air.

3. 200 gram koshian (anko atau pasta kacang merah).

4. Wijen putih.

5. Minyak goreng.

Cara Pembuatan:

1. Tuangkan dango (bola-bola yang sudah dibentuk) ke dalam panci dan setelahnya tambahkan air (Bisa juga ditambahkan susu). Setelah itu masukkan tepungnya. Usahakan juga airnya lebih banyak dari tepungnya, agar dango yang terbentuk nanti tidak terlalu keras. Kalian bisa menambahkan gula sesuai selera.

SONY DSC

SONY DSC

2. Lalu dango yang masih berukuran besar itu dan sekiranya itu dilakukan saat teksturnya sudah melunak, pecahkanlah itu menjadi enam belas dango yang berukuran kecil.

SONY DSC

3. Tahap selanjutnya, masukkan anko ke dalam dango-dango yang berukuran kecil tersebut. Caranya dengan memipihkan dango tersebut di telapak kalian, di sanalah anko ditaburkan, lalu bungkus kembali. Usahakan membentuknya kembali sebagai bola-bola.

SONY DSC

SONY DSC

4. Setelah keenam belas dango sudah diisi anko, taburkan tiap dango dengan wijen putih. Masukkan mereka ke dalam tuangan minyak di wajan. Tunggu sampai berwarna keemasan atau kekuningan, dan permukaan luarnya mengeras.

SONY DSC

5. Goma Dango siap dinikmati!

Source : understandingjapanese.wordpress.com
COMMENT