SHARE THIS ARTICLE

Perempuan Jepang dikenal dengan kulitnya yang flawless, rambut yang halus dan panjang, serta tubuh yang langsing. Mereka memiliki fashion sense yang elegan dan sopan. Para perempuan Jepang tampak begitu sempurna sehingga seringkali kita tentu bertanya-tanya apakah rahasia kecantikan mereka, betul tidak?

Jepang tidak hanya dikenal dengan make up serba ‘wah’ dengan para gadis gyaru maupun ganguro-nya, tapi juga dengan make up natural yang menonjolkan betapa sehat dan cantik kulit wajah mereka. Nah, untuk kamu yang ingin tampil flawless ala perempuan Jepang, bergembiralah karena perempuan Indonesia dan Jepang memiliki kesamaan warna kulit, yaitu kuning, sehingga mempermudah kita dalam mengikuti gaya make up ala Jepang!

Tampil-Natural-dengan-Make-Up-ala-Jepang

Nah, untuk menghindari make up yang salah dan berlebihan, yuk simak tips penting dalam make up ala Jepang dari make up artist terkenal asal Jepang; Toru Kobayashi berikut ini.

Base Make Up = PENTING!

Jika kamu perhatikan, banyak sekali brand make up Jepang yang fokus pada base. Kebanyakan brand make up asal Jepang mempunyai banyak sekali range produk untuk base seperti primer, concealer, foundation dan highlighter. Apa sih alasannya? Menurut Toru Kobayashi; base yang baik, dikombinasikan dengan pengaplikasian maskara dan warna bibir yang lembut sudah sangat cocok untuk gaya make up sehari-hari yang disukai oleh para perempuan Jepang.

Sederhananya, kamu hanya membutuhkan foundation dengan hasil akhir flawless, bedak tabur, dan bedak padat. Akan tetapi, bila memang kamu dapat meluangkan waktu lebih banyak atau ingin tampil lebih cantik, kamu bisa menambahkan primer, concealer, dan highlighter dalam langkah make up-mu. Untuk pengaplikasian yang tepat, yuk simak cara dan tips dalam memakai base make up berikut ini:

1. Awali dengan Primer

Masalah yang sering dialami banyak perempuan adalah pori-pori yang besar. Tentu kita tidak akan bisa mencapai hasil make up yang flawless apabila si pori-pori ini masih saja mengintip, bukan? Oleh karena itu, awali ritual make up-mu dengan menggunakan primer, terutama di bagian yang rawan pori besar seperti area T-zone (hidung, dahi, dagu).

2. Gunakan Concealer Sedikit Saja Kemudian Set dengan Bedak Padat

Concealer diformulasikan untuk menutupi kekurangan wajah, terutama warna kulit yang tidak merata. Oleh karena itu, hindari penggunaan concealer yang tebal karena hanya akan berakhir dengan kulit belang dan cakey. Jangan lupa untuk menepukkan sedikit bedak padat di atas area yang diberikan concealer agar concealer tidak cepat luntur dan tetap stay.

Tips: baurkan concealer di punggung tangan kemudian tepuk-tepukkan untuk menghindari aplikasi yang terlalu tebal

3. Gunakan Foundation Seperlunya

Tips ini mungkin terbilang baru bagi sebagian besar perempuan. Dapat dipastikan sebagian besar dari kamu pasti menggunakan foundation dengan mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Akan tetapi, ternyata rahasia make up flawless dan natural dari para perempuan Jepang adalah dengan menggunakan foundation sesedikit mungkin. Oleskan foundation hanya pada daerah dagu sepanjang garis rahang, dahi, dan area seputar hidung. Jangan lupa juga untuk menghindari area yang sudah ditambahkan concealer.

Mengapa?

Ternyata memang kita tidak membutuhkan foundation untuk seluruh wajah, Kawaii-ladies. Terutama jika kamu sudah menggunakan primer dan concealer, menggunakan foundation setelahnya di area tersebut hanya akan membuat riasanmu menjadi terlalu tebal dan menor. Jadi ingatlah bahwa dengan penggunaan primer dan concealer, maka foundation hanyalah touch up. Hasil akhirnya adalah make up-mu terlihat seperti tidak menggunakan make up alias “my skin but better“! Selain hasil akhir yang begitu flawless, kamu juga menggunakan produk lebih sedikit, sehingga tidak boros.

Istiarina Putri author

Beauty Editor di Kawaii Beauty Japan. Ia juga merupakan seorang beauty blogger yang cukup aktif menulis. Sangat menyukai dunia beauty dan mengagumi kosmetik Jepang karena kualitasnya. http://www.utotia.net Source: kawaiibanner

COMMENT