SHARE THIS ARTICLE

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (1)Gyudon, atau beef bowl dalam bahasa Inggris, adalah makanan panas dan lezat yang mengandung protein dan karbohidrat yang dapat dibuat tanpa memakan banyak waktu. Di Amerika, makanan ini pada dasarnya setara dengan hamburger. Di Jepang sendiri gyudon disajikan di berbagai restoran yang tidak mahal. Tapi jika di tempat kalian tinggal tidak ada restoran Jepang, maka kalian dapat membuat sendiri gyudon ala Jepang hanya dalam waktu lima menit!

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (3)Seperti dilansir dari rocketnews24.com, resep yang dipraktekkan oleh dapur kru rocketnews24 ini berasal dari manga berjudul Oishinbo, yang sejak tahun 1983 telah menyoroti tentang kuliner yang nikmat. Manga ini menceritakan tentang seorang wartawan bernama Shiro Yamaoka yang menikmati kelezatan dari berbagai hidangan. Bahkan dalam salah satu bab ceritanya, ia mengajarkan bagaimana mempersiapkan gyudon kepada seorang anak yang belum pernah memasak. Seperti apa resep dan cara pembuatannya? Yuk kita lihat di bawah ini!

Bahan-bahan
Nasi putih
Daging sapi diiris tipis
Lemak sapi
Soy sauce
Sake
Nori (rumput laut kering)
Sansho (sejenis lada Jepang yang ditumbuk)

Cara pembuatan

1. Masukkan nasi ke dalam mangkuk. Remas beberapa lembar nori dan taburi di atas nasi.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (4)2. Karena kita akan menumis daging sapi dalam wajan, kalian harus memotongnya tipis-tipis. Dalam foto ini para kru rocketnews24 menggunakan daging sapi Kobe bermutu tinggi, tapi daging sapi apa pun yang kalian miliki bisa digunakan asal diiris tipis.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (5)Lelehkan lemak sapi di wajan panas, kemudian masukkan daging sapi dan tumis. Jangan menambahkan salah satu bumbu lainnya pada saat ini, karena akan digunakan nanti.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (6)3. Setelah daging sapi dimasak, pindahkan ke mangkuk, letakkan di atas nasi. Pastikan untuk meninggalkan tetesan lemaknya dalam wajan, karena akan digunakan untuk saus gyudon-nya.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (7)Tambahkan dua atau tiga sendok makan sake ke dalam panci bersama dengan sedikit soy sauce. Aduk dengan cepat sisa lemak tersebut di dalam wajan, dan kemudian tuangkan campuran yang dihasilkan di atas daging sapi dan nasi.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (8)4. Akhirnya taburi sansho di atas daging sapi. Jika kalian belum pernah mencobanya, sansho itu seperti merica namun agak pahit. Jika kalian ingin sesuatu yang sedikit pedas, kalian dapat menggantinya dengan shichimi, yang setara dengan cabai rawit atau dengan bumbu gyudon lain yang populer.

Mau membuat gyudon lezat hanya dalam waktu lima menit Yuk kita lihat cara pembuatannya! (1)Foto: ©RocketNews24

Source : rocketnews24.com
COMMENT