SHARE THIS ARTICLE

Bukan Jepang namanya kalau tidak selalu mencoba berinovasi. Bahkan mengenai makanan, negeri matahari terbit ini terkenal sebagai negara yang senang bereksperimen. Tak percaya? Lima makanan ‘unik’ ini buktinya.

Ilustrasi kusaya. ©2012 Merdeka.com
Ilustrasi kusaya. ©2012 Merdeka.com

1. Habushu
Ingat gelas-gelas kaca berisi hewan yang dikeraskan saat pelajaran Biologi? Habushu terlihat persis seperti itu. Bedanya, habushu tak digunakan untuk percobaan, tetapi untuk dimakan. Habushu terdiri dari minuman keras dan tubuh ular yang sudah mati. Meski ular yang digunakan pada habushu cukup berbisa, namun ini tak berbahaya bagi orang yang mengonsumsinya. Rasanya? Kemungkinan seperti rasa daging ular yang bercampur alkohol.

2. Sanshouo
Menggunakan salamander, yaitu binatang sejenis kadal dengan tubuh lebih ramping dan ekor panjang yang dipanggang, makanan ini bahkan dianggap aneh oleh masyarakat Jepang. Makanan ini berupa salamander yang dipanggang dan disajikan dengan saus manis. Sekilas cara memasaknya hampir sama dengan yakitori. Namun rasanya, jauh dari rasa burung atau ayam bakar.

3. Kusaya
Jangan tertipu dengan penampilan makanan yang satu ini. Meskipun penampilannya terlihat menggoda, namun rasanya sangat jauh dari kata ‘normal’. Kusaya dibuat dari ikan yang diawetkan dalam air garam dan dipanaskan di bawah terik matahari selama beberapa tahun. Situs Japan for The United menyebut rasa makanan ini seperti “aroma pelabuhan yang bercampur dengan bau kaus kaki.” Bisa Anda bayangkan rasanya? Tak heran makanan ini disebut kusaya yang berarti “ikan berbau busuk.” Tak masalah jika Anda tahan dengan rasa ikan ini, namun pastikan tak banyak bicara setelah menyantapnya. Bisa-bisa teman Anda pingsan karena menghirup baunya.

4. Placenta 10000 Jelly Drink
Jangan terburu-buru ngeri karena Anda tak akan jadi kanibal dengan mengonsumsi minuman ini. Minuman ini tak terbuat dari plasenta manusia, melainkan plasenta babi. Tak seperti daging babi yang berbau, minuman ini sama sekali tak memiliki bau. Meski terdengar menjijikkan, namun minuman ini diketahui baik untuk diet karena mengandung nol kalori.

5. Semangka berbagai bentuk
Pernah mendengar semangka berbentuk kotak dari Jepang? Saat ini, bahkan tersedia semangka dengan banyak bentuk, seperti piramida, wajah manusia, dan bentuk hati. Semangka berbentuk kotak sendiri awalnya dibuat untuk menghemat tempat saat dikirim atau disimpan. Meski menarik, Anda tak akan bisa mendapatkan semangka-semangka unik ini dengan harta yang murah. Setidaknya Anda harus merogoh kocek hingga 12.000 yen untuk mendapatkannya.

Jika Anda cukup bernyali dan merupakan seorang pecinta makanan ekstrem, tak ada salahnya mencoba kelima makanan di atas saat berkunjung ke Jepang.

Source : merdeka.com
COMMENT