SHARE THIS ARTICLE

Tertarik untuk belajar membuat bento makan siang kalian sendiri? Atau mungkin ingin membuatkan bento untuk orang-orang yang kalian sayangi? Justonecookbook membagi beberapa tips penting yang berguna untuk membuat bento. Tips ini tidak memberikan resep makanan untuk mengisi bento, namun kalian bisa mendapat gambaran aturan-aturan emas dalam menyusun bento menggunakan makanan apapun yang tersedia di rumah karena bento tak melulu harus berisi masakan Jepang saja.

3b How-To-Make-Bento-II

Apa yang kalian butuhkan?

1. Bento box (lunch box)

3c Bento-Boxes

Kotak makannya tak harus berbentuk kotak makan ala Jepang. Kalian bisa menggunakan kotak makan apapun yang kalian miliki.

2. Wadah silikon dan pembatas makanan

3d Silicon-Cups-and-Dividers

Wadah silikon berfungsi untuk memisahkan makanan basah dengan makanan kering, maupun untuk menempatkan satu jenis makanan dalam satu tempat. Sementara pembatas makanan berfungsi untuk memisahkan makanan satu sama lain, dan juga untuk presentasi agar bento tampil lebih cantik.

3. Tusukan warna warni dan wadah saus

3e Picks-and-Sauce-Containers

Tusukan warna-warni berfungsi untuk menyatukan beberapa makanan kecil secara bersamaan, serta untuk menghias bento. Sementara botol saus berfungsi untuk memisahkan saus dari makanan sehingga makanan tetap kering hingga saatnya dimakan.

Aturan dasar untuk membuat bento

1. Pisahkan makanan secara proporsional

Sebuah bento setidaknya harus terdiri dari 4 hal utama: karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Kalian bisa menentukan sendiri besaran proporsi keempat hal tersebut sesuai dengan keinginan, namun untuk contoh berikut ini Justonecookbook menggunakan contoh proporsi bento untuk anak-anak dengan perbandingan 4:2:1:1 (4 karbohidrat : 2 protein : 1 sayuran : 1 buah).

3g Bento-Proportions

2. Jangan lupa untuk menambahkan warna

Pilih makanan berwarna cerah untuk menarik perhatian secara visual, namun tentu saja jangan lupa memilih makanan yang sehat.

3h Food-Color

Berikut contoh jenis makanan yang dikelompokkan berdasarkan warnanya:

Merah: tomat, wortel, lobak merah, paprika, apel, anggur, stroberi, plum, rasberi, nektar, dsb.

Kuning dan oranye: jagung, ubi manis, labu, paprika, jeruk, lemon, pisang, dsb.

Hijau: selada, timun, bawang daun, edamame, brokoli, bayam, okra, shiso, kacang polong, asparagus, parsley, bok choy, kacang hijau, dsb.

Putih: lobak, kentang, bawang, akar teratai, jamur enoki, biji wijen putih

Hitam & coklat: bluberi, jamur shiitake, gobo (akar burdock), wakame (rumput laut kering), nori (lembaran rumput laut kering), hijiki (rumput laut kering), biji wijen hitam, dsb.

Jika akan menempatkan 2 bahan makanan berwarna sama dalam satu kotak, jangan lupa selipkan warna lain diantaranya untuk meningkatkan daya tarik visual.

3. Mengemas makanan

Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat menyusun makanan agar makanan tidak mudah tumpah.

– kemas makanan yang tidak berbentuk atau memiliki bentuk besar terlebih dulu.

– baru setelahnya kemas makanan yang memiliki bentuk fleksibel di ruang yang tersisa.

– terakhir, tempatkan makanan berukuran kcil yang menjadi aksen seperti brokoli rebus dan tomat cheri untuk mengisi ruang-ruang di antara makanan.

Saatnya mengemas!

1. Tempatkan karbohidrat terlebih dulu

3j Bento-Step-1

2. Tempatkan protein dalam kotak bento

3k Bento-Step-2

3. Tempatkan sayuran dan buah

3l Bento-Step-3

Beberapa tips yang berguna dalam membuat bento:

1. Jika ingin menghemat waktu, isi bento dengan makanan sisa makan malam yang dipanaskan ulang.

2. Ingat, penting untuk memisahkan makanan basah agar bento tetap kering. Caranya dengan memisahkan saus dari makanan basah dan mengemasnya terpisah agar tidak membasahi isi bento. Namun jika tetap ingin mengemas makanan basah, tempatkan dalam wadah khusus agar saus tidak luber kemana-mana.

3. Isi bento dengan bermacam rasa dan tekstur makanan sehingga bento terlihat menggoda selera.

4. Bento lebih enak jika menggunakan makanan yang baru dipanaskan, namun jangan lupa untuk mendinginkannya sebelum dimasukkan ke kotak bento agar kotak tidak berembun.

5. Agar tidak pusing saat menyiapkan menu bento, rencanakan dengan baik menu makan malam dan juga menu bento yang akan dibuat setiap harinya. Berikut contoh kalender bento yang bisa digunakan:

3m Weekly-Bento-Calendar

Source : justonecookbook.com
COMMENT