SHARE THIS ARTICLE

CEO Softbank Corp. Masayoshi Son melampaui posisi Chairman Fast Retailing Co Tadashi Yanai sebagai orang terkaya di Jepang kemarin setelah saham SoftBank Corp melonjak 16 persen sejak awal pekan lalu.

CEO Softbank Masayoshi Son (sumber: Bloomberg)
CEO Softbank Masayoshi Son (sumber: Bloomberg)

Indeks Bloomberg Billionaires menyatakan lelaki berusia 57 tahun itu memiliki kekayaan bersih hingga US$ 16,6 miliar. Sedangkan orang terkaya kedua di negara itu, Yanai, menguasai kekayaan US$ 16,2 miliar.

Softbank memiliki sekitar 34 persen saham Alibaba Group Holding Ltd dan mendapat untung dari rencana perusahaan e-commerce terbesar Tiongkok. Penawaran umum saham perdana Alibaba diperkirakan meraup dana sebanyak US$ 21,8 miliar yang dapat memecahkan rekor penggalangan dana global.

IPO Alibaba yang akan datang membuat kekayaan Masayoshi Son bertambah banyak. Ketika saham Internet tidak stabil, ada nilai yang baik dalam beberapa di antara mereka. Semakin populernya smartphone membuat pendapatan iklan beberapa perusahaan-perusahaan ini akan meningkat,” ujar, Analis CMC Markets Desmond Chua saat dihubungi dari Singapura, Rabu (17/9).

Miliarder Jepang ini menguasai hampir 272 juta saham Softbank baik secara langsung dan melalui empat perusahaan holding. Ranking Bloomberg ini tidak termasuk 63,7 juta saham yang dijaminkan sebagai jaminan terhadap kemungkinan utang. Juru bicara Softbank Hiroe Kotera menolak mengomentari kepemilikan saham pribadi Son.

Sources :
COMMENT