SHARE THIS ARTICLE

Kabar duka datang dari dunia industri video game dengan wafatnya Masaya Nakamura, pendiri perusahaan yang menciptakan Pac-Man. Nakamura yang wafat pada tanggal 22 Januari yang lalu di usia 91 tahun, adalah pendiri Namco, bagian dari perusahaan Bandai Namco, yang didirikannya pada tahun 1955. Bandai Namco sendiri dibentuk dari penggabungan dua perusahaan game pada tahun 2005. Bandai Namco baru mengumumkan kematiannya pada hari Senin dan perusahaan itu tidak menyebutkan apa penyebab kematiannya dan di mana tempat ia meninggal.

Satu dekade setelah Perang Dunia II, Nakamura mulai membuat bisnis hiburan saat perekonomian Jepang mulai bangkit. Ia memulai usahanya hanya dengan dua mainan kuda mekanik yang dipasang pada atap department store Mitsukoshi, jaringan department store terkemuka di Jepang. Namun seiring berjalannya waktu ia merintis game arcade dan taman hiburan. Dengan munculnya video game, ketenaran dan keberuntungan pun menghampirinya.

image: Yvonne Hemsey | Getty Images via cnbc.com

Di tahun 1970 pula perusahaan Nakamura yang bernama Nakamura Manufacturing kemudian berganti nama menjadi Namco dan setahun kemudian perusahaannya menciptakan game Pac-Man yang populer. Game yang mulai dijual pada tahun 1980 tersebut dirancang oleh insinyur dan pembuat video game Toru Iwatani, pria yang saat itu berumur 25 tahun dan merupakan karyawan Namco.

Bentuk pizza dengan salah satu bagiannya yang hilang menjadi inspirasi pembuatan game itu, sedangkan nama Pac-Man sendiri berasal dari kata onomatope dalam bahasa Jepang “Pakku,” yang berarti melahap” atau “mengunyah.” Guinness World Record pun telah mengakui Pac-Man sebagai game arcade yang dioperasikan dengan koin yang paling sukses di dunia dan diperkirakan telah dimainkan lebih dari 10 miliar kali.

(Featured image: Jiji Press/Agence France-Presse — Getty Images via nytimes.com)

Sources :
COMMENT