SHARE THIS ARTICLE

Kita pasti pernah mengalami hari hari yang sangat mengesalkan, yang membuat ingin berteriak sekencang mungkin di puncak gunung, mengeluh betapa bodohnya orang sekitar! Kita sangat merasa kesal dengan hal apapun yang dilakukan oleh orang sekitar kita, dan berharap orang tersebut mendapat ganjaran dari kutukan yang kita beri. Biasanya pada momen seperti itu, mendadak hati nuranimu datang, dan berbisik halus kepadamu, “Kalau kamu tidak bisa mengatakan sesuatu hal yang baik, lebih baik kamu diam dan tidak berkata apa-apa. “ Namun, itu hanya terbatas di komunikasi muka bertemu muka. Bagaimana dengan komunikasi tanpa tatap muka seperti sms atau chatting? Karena kamu tak dapat melihat muka lawan bicaramu, bukan berarti kamu boleh seenaknya mengatakan apa yang kamu ingin katakan!

Untuk para orang Jepang, inilah solusinya. Sebuah aplikasi smartphone dimana karakter terkenal dari serial manga Doraemon, yaitu Shizuka, datang untuk “menghaluskan” tata bicaramu.

Perusahaan Toyota dan studio yang membuat Doraemon berkolaborasi untuk membangun satu aplikasi smartphone ini, untuk mengubah kalimat kasar dan tidak sopan yang kita ketikkan di sms kita, menjadi kalimat yang lebih normal. Aplikasi ini tersedia di iTunes dan toko-toko Android Jepang. Nama aplikasinya adalah Shizukatta, dan aplikasi ini gratis!

shizuka1

Siapa itu “Shizuka”? Yang mengubah bahasa kasar atau kotor menjadi bahasa yang lebih sopan dan lebih bisa diterima? Lahir pada tanggal 8 Mei, Shizuka adalah gadis yang manis, baik, dan sangat cantik. Dia sangat suka menolong teman temannya, terutama Doraemon dan Nobita. Ini lah yang membuat mengapa imej dirinya digunakan di aplikasi ini!

I’m Shizuka! Yoroshiku onegaishimasu! (Please take care of me !)

Ayo kita coba aplikasinya!

( Catatan: Ada beberapa kalimat dan kata-kata di sini yang bukan merupakan arti harfiahnya dalam bahasa Inggris, tetapi penulis dari Rocket News 24 telah berusaha menerjemahkannya seakurat dan semenyenangkan mungkin)

Annoying  Please refrain from acting like the world is your stage
Lazy  Just a bit more effort!
Tired  Great job!
Stay away! → Bear hugs for everyone!
Fatty  Lovely
Dummy  Late bloomer
Douche  Welcoming fellow
So mad that it looks like there are lightning bolts coming out one’s head  Sparkling
This, you idiot  This, please!
Garbage  Treasure
Idiot  Fortunate person
Overly Familiar  So happy you allow us to be friends
Disgusting  It’s just a little too much

“Pergi jauh-jauh dariku” menjadi “Peluk aku dengan erat”

shizuka2

“Gendut” menjadi “Cantik”

f

Baru melihat kata-kata yang memiliki arti bagus saja membuat dunia terasa lebih menyenangkan. Dan itu baru kata-kata saja… bagaimana jika kita membaca sebuah kalimat penuh?

You are seriously annoying. → Pretty please refrain from acting like the world is your stage.
I seriously hate you → I really want to be friends with you in the future!
I hate fake liars like you → I want to be friends with you who lies but it’s out of love in the future.
I’m so mad that lightning bolts are coming out of my head and making me bald → I am happy that I’m sparkling like the beautiful light of the sun.

shizuka3

Aplikasi yang menarik dan berguna bukan? Bagaimana jika kita menunduhnya sekarang? 😀

Source : Rocket News 24
COMMENT