SHARE THIS ARTICLE

Manisnya sushi buah-buahan di Wakayama mendulang kesuksesanSebuah bar sushi di kota Kinokawa, Jepang, menyajikan sushi buah-buahan dengan bahan semangka, anggur, dan buah persik yang menggantikan ikan mentah. Kota tersebut dikenal sebagai “kerajaan buah” karena sekitar 70 persen dari nilai produksi pertaniannya adalah buah-buahan. Sushi buah-buahan ini dibuat oleh Akio Chikatani, seorang koki generasi kedua berumur 49 tahun di Chikara Zushi di Kinokawa.

Seperti dilansir dari japanbullet.com, melalui pendapatan dari buah ara dan jeruk “hassaku“, dan sejenis persik yang dijual dengan merk “Arakawa no Momo” (Peach dari Arakawa), kota Kinokawa memimpin semua kota Jepang dalam hal penjualan buah-buahan. Untuk memikat para wisatawan, kota ini membantu untuk mendirikan sebuah kelompok studi yang disebut Fruits Tourism Kenkyukai. Namun di antara semua varietas buah yang dipanennya kota ini tidak memanen pisang dan nanas.

Chikatani lalu didekati oleh Tomoko Noguchi pada bulan September 2014 saat menghadiri pertemuan Fruits Tourism Kenkyukai. Noguchi yang bekerja untuk menghidupkan kembali kota-kota di seluruh Jepang, menyarankan Chikatani untuk menggabungkan buah-buahan dengan sushi-nya. Walau awalnya ragu-ragu karena ide yang tidak biasa itu, Chikatani akhirnya memutuskan untuk membuat tiga jenis buah sushi: “gunkan-maki,” nasi yang dibungkus rumput laut di atasnya dengan buah anggur dan telur salmon; “Hosomaki” gulungan sushi tipis yang mengandung kesemek Jepang dan daging buah “ume” (aprikot Jepang); dan hosomaki lainnya yang berisi ara dan daun “oba“.

Dengan banyaknya pelanggan, proyek musiman mereka terbukti berhasil. Chikatani memutuskan untuk membuat hidangan perlengkapan permanen pada menunya serta telah memperluas deretan sushi buah-buahannya, termasuk “makizushi” semangka setelah jumlah pelanggan tetap Chikara Zushi yang terus memesan sushi buah-buahan meningkat.

Tapi untuk menyantap satu set sushi buah-buahan yang hadir dengan makanan pembuka, sembilan buah sushi dan hidangan sampingan lainnya dengan pajak eksklusif seharga 980 yen ini kalian harus melakukan pemesanan di Chikara Zushi.

Source : japanbullet.com
COMMENT