SHARE THIS ARTICLE

Asosiasi Kartunis Jepang yang menampung para pengarang manga di Negeri Sakura, baru saja mengumumkan pemenang ajang Japan Cartoonist Awards ke-42 pada Senin (12/5/2014) lalu.

asari

Dilansir dari Anime News Network, Selasa (13/5/2014), manga Asari-chan karya Mayumi Muroyama memenangkan ajang ini bersama hadiah utama sebesar 500 ribu yen (sekitar Rp 56 juta) untuk divisi komik.

Mayumi Muroyama memulai debut manga Asari-chan sejak 1980 bersama saudarinya, Mariko Muroyama. Kisahnya sendiri mengetengahkan seorang anak perempuan enerjik yang selalu berselisih paham dengan kakak perempuan dan ibunya dengan cara konyol.

Saat ini, Asari-chan sudah terbit hingga volume ke-100. Versi anime Asari-chan diproduksi oleh Toei Animation yang mengudara pertama kali di Jepang pada 25 Januari 1982 hingga 28 Februari 1983 sebanyak 54 episode.

Popularitas Asari-chan membawanya jadi manga khusus wanita terlaris ketujuh yang pernah ada di Jepang. Asari-chan pernah menerima Shogakukan Manga Award 1986 di kategori manga anak-anak.

Kembali ke Japan Cartoonist Awards, rombongan juri memiliki alasannya sendiri dalam memilih Asari-chan sebagai pemenangnya. Mereka menganggap Mayumi Muroyama luar biasa karena bisa bertahan sangat lama sebagai penulis manga wanita.

Tak hanya itu, Asari-chan juga dianggap sebagai manga yang sangat menginspirasi judul-judul lainnya. Hingga kini, penerbitan Asari-chan sudah mampu menembus angka 100 volume.

Nama-nama pengarang lain yang juga menerima penghargaan ini adalah Motoka Murakami dengan Fuichin Tsaichen!, Shige Oda dalam Manmaru Danchi serta Nonki Toori, dan penulis Kenji Morita. Banyak juri yang memenuhi spesifikasi dalam menilai manga ini seperti Tetsuya Chiba, Yarou Abe, Go Nagai, Big Joe, hingga Naomi Kimura. – See more at: http://showbiz.liputan6.com/read/2049868/manga-kocak-asari-chan-dianugerahi-cartoonist-awards#sthash.At4qgXhc.dpuf

Source : showbiz.liputan6.com
COMMENT