SHARE THIS ARTICLE

Harvey Award mengumumkan para pemenang penghargaan tahun 2014 pada perjamuan tanggal 6 September, dan manga Attack on Titan karya Hajime Isayama memenangkan penghargaan kategori “Best American Edition of Foreign Material”.

Attack on Titan menduduki peringkat teratas untuk penjualan novel grafis di Amerika utara dan Jepang, dengan lebih dari 40 juta eksemplar terjual per 30 Juli. Anime adaptasi dari manga tersebut sekarang ditayangkan di Adult Swim di Toonami. Kodansha USA saat ini merilis manga tersebut di Amerika Utara.

Attack on Titan dinominasikan untuk penghargaan tersebut pada bulan Juli bersama Sunny karya Taiyo Matsumoto, Showa: A History of Showa Japan (Comic Showa-Shi) karya Shigeru Mizuki, The Killer Volume 4 karya Matz oleh Studio Archaia, dan  Today Is the Last Day of the Rest of Your Life karya Ulli Lust oleh Fantagraphics Books.

Komik karya Deron Bennetts yang merupakan versi Amerika adaptasi dari manga Cyborg 009 karya Shotaro Ishinomori juga turut dinominasikan. Cyborg 009 karya Bennet dinominasikan untuk kategori Best Original Graphic Novel, Best Letterer, dan Special Award for Excellence in Presentation, tapi tak memenangkan satupun penghargaan tersebut.

Berbeda dengan Eisner Award dan penghargaan lainnya dalam industri komik di Amerika Utara, Harvey Awards dinominaskan dan dipilih oleh para pembuat komik profesional sendiri. Harvey Awards diselenggarakan bersamaan dengan Baltimore Comic-Con.

Tahun lalu, volume 22 dari manga 20th Century Boys karya Naoki Urasawa juga dinominasikan dalam kategori yang sama. Pada tahun 2012, manga  Onward Towards Our Noble Deaths karya Shigeru Mizuki dan A Single Match karya Oji Suzuki juga dinominasikan. Pada tahun 2011, antologi AX: Alternative Manga juga dinominasikan dalam kategori yang sama.

Ini adalah pertama kalinya sebuah karya buatan asli Jepang memenangkan penghargaan dalam kategori ini sejak tahun 2010, ketika buku milik Helen McCarthy, The Art of Osamu Tezuka: God of  Manga menang.

COMMENT