SHARE THIS ARTICLE

Bicara mengenai kuliner Jepang, sushi adalah salah satu yang paling populer. Hidangan yang terdiri dari nasi dan daging ikan atau seafood mentah ini dianggap sebagai hidangan yang sederhana namun begitu lezat.

sushi-dengan-harga-rp-1000_663_382
Menyantap sushi ternyata punya sederet manfaat kesehatan (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

Tak hanya itu, sushi juga ternyata sangat menyehatkan. Bahkan seluruh bahan yang digunakan untuk membuat sushi mengandung sederet nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Begitu pula dengan hidangan pendampingnya.

Dilansir RocketNews24, berikut ini beberapa bahan pembuat dan hidangan pendamping sushi beserta manfaat kesehatannya.

Ikan

Seperti yang sudah banyak diketahui orang, daging ikan segar kaya akan asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi bermanfaat lainnya. Menyantap daging ikan secara rutin mampu menyehatkan sistem saraf dan kardiovaskular. Tak hanya itu, ikan juga bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah darah tinggi.

Cuka beras

Nasi yang digunakan untuk membuat sushi adalah nasi yang telah diberi cuka beras agar cita rasa sedikit asam mampu meningkatkan cita rasa daging ikan. Sebagai informasi, cuka beras memiliki efek antibakteri yang sangat tinggi serta bermanfaat menurunkan tingkat tekanan darah.

Gari

Gari atau acar jahe juga lazim dinikmati sebagai hidangan pendamping sushi. Jangan pernah menyantap sushi tanpa gari karena acar istimewa ini ternyata dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit flu dan batuk.

Soyu

Menyantap sushi tak akan lengkap tanpa soyu atau kecap asin. Soyu mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Tak hanya itu, soyu juga mampu membantu melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri dalam lambung.

Nori

Beberapa jenis sushi seperti sushi roll menggunakan nori atau rumput laut kering untuk membungkus nasi. Nori mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kaya akan vitamin, mineral dan iodine.

Wasabi

Saat membuat sushi, chef biasa memberikan sedikit wasabi untuk meningkatkan cita rasa sushi dan memberi sentuhan rasa pedas. Tapi ternyata wasabi juga memiliki manfaat kesehatan karena kaya akan vitamin C dan mengandung zat-zat antibakteri.

Ocha

Ada alasannya mengapa masyarakat Jepang biasa menyantap sushi sambil meminum segelas ocha atau teh hijau. Minuman khas Jepang ini sangat baik bagi pencernaan dan mengandung zat antioksidan catechin yang efektif dalam mengeliminasi bakteri vibrio, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan.

Source : life.viva.co.id
COMMENT