SHARE THIS ARTICLE

Tokyo adalah salah satu destinasi menarik untuk Anda yang ingin mencari berbagai makanan lezat di Jepang. Di kota ini tersedia aneka masakan Jepang lokal dan regional.

Untuk menemukannya tidak sulit, di pinggiran jalan banyak pedagang yang menjajakan makanan lezat. Atau, jika ingin sedikit berkelas, berbagai restoran juga banyak tersedia. Berikut adalah beberapa makanan yang wajib Anda cicipi ketika pergi ke Tokyo, seperti dilansir JapanGuide, Jumat (2/1/2015).

Nigiri-zushi

Nigiri zushi berasal dari hidangan cepat saji di Tokyo, terdiri dari sepotong makanan laut yang dimasukkan ke dalam gumpalan nasi khas Jepang. Nigiri zushi dapat ditemukan di seluruh restoran di Jepang, dari yang harganya murah hingga mahal sekalipun tersedia. Namun, Pasar Ikan Tsukiji adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sushi dengan lauk ikan segar.

Tempura

Hidangan ini yang paling terkenal di Jepang, bahkan di seluruh penjuru dunia juga pasti mengenal tempura. Sebelum zaman pemerintahan Edo, sayuran yang digunakan untuk membuat tempura. Lambat laun, berbagai makanan laut dicampurkan ke dalam adonan tepung tempura dan kini lebih banyak variasi tempura yang dapat kita temui di Jepang.

Soba

Mi soba juga salah satu hidangan populer di Jepang. Di Tokyo, makanan ini sangat populer selama zaman Edo. Kini, di hampir seluruh penjuru Jepang, Anda dapat menemui mi soba. Saus yang digunakan untuk menikmati mi soba di Tokyo terasa lebih tradisional, juga punya rasa yang kuat. Disajikan terpisah, saat menyantapnya mi diambil dengan sumpit dan dicelupkan ke dalam saus.

Chankonabe

Jangan lewatkan chankonabe saat Anda ke Jepang (Foto: Gopixpic)
Jangan lewatkan chankonabe saat Anda ke Jepang (Foto: Gopixpic)

Chankonabe adalah hidangan kaya protein sehat dari ikan atau ayam dan aneka sayuran. Hidangan ini memang direkomendasikan untuk atlet sumo karena sangat bergizi. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi chankonabe adalah di sekitar Stadion Kokugikan Sumo di Ryogoku. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak atlet sumo yang tengah mencicipi chankonabe.

Monjayaki

Monjayaki harus Anda jajal saat ke Jepang (Foto: Japandish)
Monjayaki harus Anda jajal saat ke Jepang (Foto: Japandish)

Monjayaki adalah sejenis pancake dan bentuknya bulat. Terbuat dari tepung dan air yang dicampur dengan bahan-bahan, seperti irisan kol dan potongan kecil makanan laut, serta daging kemudian dimasak di atas panggangan panas. Sebuah spatula kecil digunakan untuk mengikis beberapa monjayaki yang tengah dimasak dan untuk menikmati makanan ini langsuung dari panggangan. Monjayaki di Tsukishima adalah tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini.

Tsukudani

Tsukudani adalah makanan yang direbus dalam campuran kecap dan sake manis. Umumnya tsukudani dinikmati sebagai pendamping untuk semangkuk nasi. Tsukudani berasal di Tsukudajima, di tempat inilah banyak ditemukan nelayan yang terampil membuat tsukudani.

Tokyo Sweets

Tokyo adalah tempat bagi berbagai jenis permen tradisional Jepang (wagashi). Ini termasuk dalam jenis permen seperti ningyoyaki. Pasta kacang merah dimasukkan ke dalam adonan kue yang dibentuk seperti boneka atau bentuk lucu lainnya. Seperti kue dorayaki, mochi, anmitsu (dessert yang terbuat dari jelly dengan campuran pasta kacang merah) wajib Anda cicipi bila ke Tokyo, Jepang.

Sources :
COMMENT