SHARE THIS ARTICLE

pidato slta 2015 05-page-001Dalam rangka meningkatkan minat dan semangat siswa SLTA dalam mempelajari bahasa Jepang, The Japan Foundation Jakarta akan menyelenggarakan “Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tingkat Nasional Ke-14 Tahun 2015” bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen. Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional dan RRI Jakarta.

Selain tentang pengalaman belajar bahasa dan budaya Jepang, tema terkait kepedulian terhadap pelestarian alam dan lingkungan, pelestarian budaya, serta kepedulian terhadap masyarakat merupakan tema pidato yang akan dibawakan oleh para peserta lomba dalam bahasa Jepang.

Lomba Pidato Tingkat Nasional untuk Siswa SLTA untuk ke-14 kalinya ini akan diadakan pada,

Hari/Tanggal : Sabtu, 7 Februari 2015
Pukul: 10:00 – 13.00 wib.
Tempat: Auditorium RRI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Barat, Jak-Pus.

ACARA INI TERBUKA untuk disaksikan UMUM | GRATIS | tanpa tanda MASUK

Lomba ini akan diikuti oleh 13 siswa SMA/SMK/MA pemenang Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah dari 8 wilayah MGMP Bahasa Jepang, yakni Sumatera Utara & Aceh (1 orang), Sumatera Barat (2 orang), Jabodetabek (2 orang), Jawa Barat (2 orang), Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (2 orang), Jawa Timur (2 orang), Bali & NTB (2 orang) dan Sulawesi Utara  (1 orang).

Selain mendapat hadiah & sertifikat, sebanyak 4 orang Pemenang Lomba Pidato Tingkat Nasional ini juga akan diundang sebagai peserta Program Kunjungan ke Jepang sebagai wakil dari Indonesia untuk 2 program berikut ini:
1. “Japanese-Language Program for High School Students” dari The Japan Foundation Japanese Language Institute, Kansai
2. “Japanese Speech Awards (JSA)” dari Education Guardianship Group (EGG)

Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA ini juga didukung oleh: PT.Panasonic Manufacturing Indonesia, PT. Asuransi MSIG, PT. Hoyu Indonesia, Penerbit Kesaint Blanc dan Japan Embassy. Juga Education Guardianship Group (EGG), Temple University Japan Campus, Obijrin University Jepang.

Sebagai Acara Selingan, akan ditampilkan acara Nyanyi dan Tari, yaitu:
(1) VOCAL GROUP LAGU JEPANG, oleh Juara Vocal Group Lagu Jepang SMA/MA se Jabodetabek 2014.
(2) TARIAN JEPANG
1) TARIAN “KOI SURU FORTUNE COOKIE” (tarian AKB48 / JKT48)
Oleh Siswa/I SMAN 1 Kota Tangerang dan SMAN 75 Jakarta yang menjadi Juara Cover Dance Jepang Jabodetabek 2015.
2) TARIAN JEPANG “YOSAKOI “ ,oleh Siswa/I SMK Negeri 5 Bekasi
3) TARIAN UPACARA BON ODORI ‘CHIBI MARUKO-CHAN” VERSI PERFECTUR SHIZUOKA oleh siswa/I dari 20 SMA/SMK/MA Jabodetabek

Selain itu, kegiatan lomba ini rencananya akan disiarkan langsung oleh RRI Programa 2 berjaringan di 9 kota yaitu : Jakarta, Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Manado, Padang, dan Banda Aceh. Diharapkan sekitar 250 orang yang terdiri dari siswa dan guru SMA/MA, masyarakat Jepang dan Indonesia akan hadir menyaksikan acara lomba pidato bahasa Jepang ini.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami (Ibu Apin / Ibu Diana), Telp. 021-5201266 (hunting) / HP. 0811-8072817, 0811-9950796

COMMENT