SHARE THIS ARTICLE

East Japan Railway Co. berencana untuk mencoba mengangkat semangat wilayah Tohoku, Jepang yang pernah dilanda gempa dengan membawa kembali lokomotif uap untuk bertugas.

Render seorang seniman dari interior gerbong penumpang di lokomotif bertenaga uap "SL Ginga" (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)
Render seorang seniman dari interior gerbong penumpang di lokomotif bertenaga uap “SL Ginga” (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa “SL Ginga” (SL Galaxy), yang berisi 180 kursi dan memiliki empat gerbong penumpang, akan memulai layanannya pada bulan April 2014.

Kereta tersebut telah menjalani restorasi, kata JR East .

Berbagai foto yang dirilis oleh perusahaan tersebut menunjukkan gerbong penumpang yang mengambil motif dari dongeng “Ginga Tetsudo no Yoru” (Night on the Galactic Railroad), yang ditulis oleh Kenji Miyazawa (1896-1933). Miyazawa, seorang penyair dan salah satu penulis sastra anak-anak yang paling terkenal dari Jepang, lahir di Prefektur Iwate wilayah Tohoku.

Render seorang seniman dari exterior "SL Ginga" (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)
Render seorang seniman dari exterior “SL Ginga” (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)

SL Ginga dicat dengan warna biru, yang mewakili langit malam, dan terlihat semakin terang di bawah kereta. Berbagai bintang emas dan hewan yang terinspirasi oleh karya-karya Miyazawa juga diilustrasikan di sepanjang bagian luar gerbong penumpang.

Render seorang seniman dari galeri di dalam "SL Ginga" (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)
Render seorang seniman dari galeri di dalam “SL Ginga” (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)

Bagian interior dari gerbong penumpang juga berisi berbagai meja dan kursi kayu bergaya retro, jendela geser dan lampu listrik yang menyerupai lampu gas tua. JR East mengatakan gerbong-gerbong tersebut akan memiliki galeri untuk karya-karya Miyazawa, sebuah planetarium kecil, lounge, dan ruang pameran yang didedikasikan untuk wilayah Tohoku.

Sebuah planetarium kecil akan dibangun di salah satu gerbong penumpang "SL Ginga" (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)
Sebuah planetarium kecil akan dibangun di salah satu gerbong penumpang “SL Ginga” (SL Galaxy) (Disediakan oleh East Japan Railway Co.)

Rencananya SL Ginga akan dijalankan terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional, selama 80 hari dalam setahun.

Lokomotif bertenaga uap ini akan melakukan perjalanan dari JR Kamaishi Line menghubungkan Hanamaki dengan Kamaishi, yang berada di Prefektur Iwate, serta jalur-jalur lainnya.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT