SHARE THIS ARTICLE

itasha1

Itasha adalah kendaraan yang di “ita“-kan. “ita” dari itasha yang mengartikan “sakit“, orang Jepang percaya bahwa meng-“ita” kendaraan masing-masing akan menjadi sakit hati karena kesan yang lain dari yang lain. Dengan kata lain, kita mengendarai kendaraan yang tidak dianggap bagi warga Jepang. Tokoh-tokoh dalam gambarnya didominasi oleh gadis-gadis moe. Hiasan yang digunakan umumnya berupa skema cat dan stiker. Sepeda motor yang dihias sedemikian rupa disebut dengan itansha, sedangkan untuk sepeda disebut dengan itachari.
Pembentukan Komunitas Itasha Indonesia dimulai dari pendiri komunitas itu sendiri yaitu Michael Sukiman. Ia pada awalnya memang tertarik dengan kendaraan-kendaraan yang bertemakan anime, lalu dimulailah pertama kali itasha-nya yang bertemakan karakter Lily dari Vocaloid 3 dipublikasikan di salah satu event yaitu HOT EVENT 2012 pada tanggal 3 dan 4 November 2012. Pada awalnya saat itu anggota Itasha Indonesia masih berjumlah 3 orang saja. Tetapi pada mulai tahun 2013 sudah banyak yang memiliki itasha dan itansha baik dari Regional Jakarta maupun luar Jakarta. Hingga saat ini, komunitas ini telah memiliki member lebih dari 50 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

itasha2
Publikasi pertama kali Itasha Indonesia saat HOT EVENT 2012

Itasha Indonesia sendiri ingin membangun dan mengembangkan modifikasi otomotif ala itasha di Indonesia karena belum ada yang bisa mengumpulkan ANIME X AUTOMOTIVE Lovers. Dengan adanya komunitas ini, mereka mengajak dan mengajarkan berbagai hal modifikasi di bidang stiker untuk membuat itasha/itansha. Banyak orang bertanya… “Murah kah itasha ini?” “Merusak mobil/motor kah sticker itasha?“. Komunitas ini membagi informasi untuk hal-hal yang membuat orang-orang ragu untuk meng-itasha-kan kendaraannya.

itasha3

itasha4

itasha5

Di komunitas ini juga ada beberapa desainer yang mendesain kendaraan, dan mereka siap membantu sebisa mungkin untuk berbagai request gambar iItasha/itansha di kendaraan para member-nya. Komunitas ini juga terbuka untuk para desainer yang ingin membagi hasil karya mereka dan memajang fotonya di Facebook mereka. Berikut ini adalah beberapa foto itasha dan itansha milik member di komunitas ini:

itasha6
Lily Itasha, Michael Sukiman
itasha7
Rin Kagamine Itasha, Dez Cokro Aminoto
itasha8
Monokuma Itasha, Boby Gunawan
itasha9
Rin Kagamine Itansha, Biando Suwardiningrat
itasha10
Gundam Astray Itansha, Adithya Pratama
itasha11
Honoka Kousaka Itansha, Irfan Dhafirwan

(Untuk foto-foto member lainnya kunjungi fanpage mereka, di album Itasha Indonesia Member)

Tujuan komunitas ini sendiri adalah untuk mengumpulkan Itasha Enthusiasts di seluruh Indonesia dan juga mengumpulkan orang-orang yang menyukai anime dan otomotif. Selain member-member-nya yang sebagian besar berada di daerah Jakarta, ada pula beberapa member yang telah memiliki itasha/itansha di luar Jakarta seperti Bandung, Surabaya, dll.

itasha12
Member Regional Jakarta
itasha13
Member Regional Bandung

Untuk kegiatannya biasanya sebagian besar dari mereka membantu mendesain mobil/motor untuk di-itasha-kan. Banyak juga member-member-nya yang berbakat dan memamerkan karya mereka serta mem-posting itasha/itansha milik mereka di Facebook. Mereka juga biasanya ingin mempromosikan komunitasnya di event-event tertentu dengan menawarkan itasha/itansha mereka untuk dipajang di event.

Ini adalah Mirai Suenaga Itansha milik Norumi Intueatur yang pernah dipajang di booth Culture Japan milik Danny Choo pada saat Anime Festival Asia Indonesia 2013.

itasha14
Mirai Suenaga Itansha di Booth Culture Japan Danny Choo pada saat AFAID 2013

Selain itu, mobil Lily Itasha pernah memenangkan kontes mobil HIN (Hot Import Night) pada tahun 2012, dan mendapatkan penghargaan “Best Car and Model.”

itasha15
Pendiri Komunitas Itasha Indonesia, Michael Sukiman saat Kontes Mobil Hot Import Night (HIN) 2012

Itasha Indonesia juga pernah diundang di salah satu stasiun televisi di Jakarta yaitu di JAKTV dalam acara Trending Topic.

itasha16

Jadi, bagi kalian yang tertarik ingin membuat kendaraan kalian bertemakan gambar-gambar anime mari bergabung dengan Komunitas Itasha Indonesia!

  • Facebook : https://www.facebook.com/ItashaIndonesia
  • Twitter : https://twitter.com/ItashaIndonesia
  • Youtube : http://www.youtube.com/channel/UCRfY-8Z15osQpvUnVeMyVTg/feed

COMMENT