SHARE THIS ARTICLE

Salah satu yang menarik dari rangkaian acara Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-22 hari Sabtu, tanggal 20 Agustus kemarin adalah adanya sebuah sesi jamming dadakan antara salah satu penampil guest star dari Jepang, SHING02 ft. DJ A-1 Spinmaster dengan band lokal asal Bandung, Henohenomoheji.

SHING02, rapper yang pernah bekerja sama dengan almarhum Nujabes melantunkan lagu “Battlecry” dari anime Samurai Champloo ini tiba-tiba memanggil 3 personil dari Henohenomoheji di tengah penampilannya untuk naik ke atas panggung dan melakukan free-jam bersama sebagai penutup penampilannya. Diiringi hentakan beat bernuansa funk dari DJ A-1 Spinmaster, SHING02 melakukan jamming bersama Henohenomoheji sebanyak 2 lagu secara berturut-turut.

[LOCAL BAND] Jam Session SHING02 ft. A-1 Spinmaster x Henohenomoheji @GJUI22 (2)
Tes jamming ketika sound check pagi.
[LOCAL BAND] Jam Session SHING02 ft. A-1 Spinmaster x Henohenomoheji @GJUI22 (3)
DJ A-1 Spinmaster

Jam session dadakan ini bermula ketika sedang berada di venue pada pagi hari sebelum acara dimulai, untuk melakukan sound check, SHING02 merasa tertarik ketika melihat Henohenomoheji melakukan sound check dan melalui panitia meminta untuk mengajak band yang telah merilis 2 mini album tersebut untuk mencoba jamming bersama. Musik yang digunakan untuk jamming tersebut pun baru didengar pada saat itu juga oleh Henohenomoheji, dan hanya sempat dicoba dilatih sekali jalan saja.

Paduan antara musik pop rock dari Henohenomoheji, beat funk plus scratching dari DJ A-1 Spinmaster serta rap free style ala SHING02, seperti apa jadinya? Bisa kita intip bersama di video amatir yang direkam dari belakang panggung oleh Rully Deniharza ini:

Seru kan? Semoga saja ke depannya makin sering ada kolaborasi atau jamming antara talent luar dengan band lokal dari komunitas penggemar musik Jepang.

[LOCAL BAND] Jam Session SHING02 ft. A-1 Spinmaster x Henohenomoheji @GJUI22 (1)
Foto bersama, Henohenomoheji, SHING02 , dan A-1 Spinmaster.

Henohenomoheji sendiri tampil pada siang harinya membawakan 3 lagu cover anisong dan 1 lagu original mereka sendiri yang berjudul “Haruskah“. Dan panggung di GJUI ini merupakan panggungan full band pertama mereka dengan formasi bersama Ivan Fabian Devota, gitaris baru yang resmi menjadi anggota tetap di bulan Agustus ini.

Photos by:
Satria Khindi Photography: www.facebook.com/SatriaKhindiPhotography
Verris Santo: www.facebook.com/Potopotgraphy

COMMENT