SHARE THIS ARTICLE

DSC_0289 copy

Siapa yang tidak kenal tentang Gundam? Pastinya nama tersebut tidaklah asing bagi kita. Robot raksasa dari Jepang ini tentunya banyak diketahui orang-orang.

Nah, pada hari minggu tanggal 20 Oktober 2013 yang lalu, diadakan sebuah pameran dan lomba dimana kita dapat melihat berbagai design dan custom dari Gundam-Gundam tersebut. Acara ini dinamakan Gunpla Builders World Cup atau orang biasa mengenalinya dengan sebutan GBWC.

DSC_0254 copy

GBWC ini diadakan dari tanggal 18 hingga 27 Oktober yang lalu. Pada tanggal 20 Oktober 2013, kita tidak hanya dapat melihat Gundam-Gundam yang dipajang sedemikian indahnya, tetapi terdapat berbagai acara yang tentunya tidak boleh kita lewatkan. Di sini, kita bisa berkesempatan untuk mendapatkan Gundam secara gratis, lho. Tidak hanya itu, kita juga kedatangan tamu special yaitu Mr. Katsumi Kawaguchi atau Kawaguchi-san yang datang jauh-jauh dari Jepang untuk memberikan informasi seputar Gundam kepada kita. Beliau juga mengadakan interview, dan gunpla coaching kepada kita yang hadir di situ.

DSC_0294 copy

Berikut interview yang dilakukan kepada Kawaguchi-san:

Q : Bagaimana menurut anda perkembangan Gundam di Indonesia dan Internasional?

A : Pada tahun 2012 lalu, ternyata dari Indonesia sendiri terdapat satu orang pemenang. Orang-orang Indonesia membuat karya-karya yang luar biasa dan sangat baik. Menurut saya, pastinya akan lebih banyak lagi orang yang menggemari hal ini dan pasti akan bertambah terus. Indonesia sendiri sudah menang dua kali di Jepang.

Q : Faktor apakah yang mempengaruhi sehingga orang Indonesia bisa mendapatkan juara pada kategori Junior?

A : Beberapa faktor yang mempengaruhi untuk mendapatkan hasil yang baik diantaranya adalah pengecatan yang luar biasa. Pada saat itu, orang Indonesia sendiri memodifikasi Gundam tersebut dengan nuansa Kabuki yang berasal dari Jepang, terlebih lagi saat diketahui yang membuatnya adalah seorang anak laki-laki.

Q : Apakah diorama  yang ada  mempengaruhi penilaian?

A : Makna yang ingin disampaikan peserta mengenai rancangannya tersebut sebenarnya akan lebih mudah kita mengerti dengan adanya diorama. Maksud dan tujuan dari apa yang dibuat peserta akan lebih kita tangkap dengan diorama. Tetapi perlu kita ketahui, diorama tidak selamanya membuat Gundam yang di-design oleh peserta menjadi terlihat lebih baik, apabila diorama dibuat dengan tidak bagus atau asal-asalan justru akan memberikan nilai minus terhadapnya. Belum tentu Gundam yang dipajang secara polos bisa kalah dari yang dipajang dengan dioramanya.

Q : Mengapa GBWC ini biasanya diadakan di mall?

A : Mall merupakan tempat orang-orang biasa refreshing dan berjalan-jalan. Mall seringkali dikunjungi orang, dan merupakan tempat yang ramai. GBWC diadakan di mall-mall dengan tujuan untuk menambah komunikasi kepada sesama penggemar Gundam, juga dapat mengenalkan Gundam tersebut kepada orang asing yang kebetulan lewat pada saat itu, karena mall tidak pernah sepi dan orang suka untuk mengunjunginya.

Q : Tips apakah yang dapat anda berikan kepada perakit-perakit pemula?

A : Seringkali orang melihat Gundam dari foto-foto yang ada di internet, kebanyakan orang pasti akan memilih Gundam yang bagus bentuk dan modelnya. Gundam memiliki berbagai jenis kerangka, dari yang mudah hingga rumit. Untuk membuat Gundam sendiri, pertama-tama cobalah buat dari yang mudah terlebih dahulu, grade yang termudah adalah High Grade atau HG. Buatlah sesuai standar dari buku panduan yang ada, terus berlatih dan berlatih dengan mencoba untuk merakit Gundam model lain.

DSC_0299 copy

Kawaguchi-san sendiri sudah berkerja di Bandai sejak tahun 1985. Ia sudah menjadi juri untuk GBWC pada tahun 2012 dan pada tahun 2013 ini, ia kembali menjadi juri. Kontes Gundam ini sudah diadakan sebanyak sepuluh kali di Asia. Bagi Kawaguchi-san sendiri, masing-masing tipe dan series Gundam memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

DSC_0312 copy

Nah, bagaimana event GBWC kali ini? Tentunya seru bukan?

COMMENT