SHARE THIS ARTICLE

Anime Festival Asia Indonesia 2012

Tanggal 1 dan 2 September yang lalu menjadi tanggal bersejarah bagi para penggemar anime di tanah air, karena pada hari itu digelar acara festival anime terbesar bertaraf internasional bernama Anime Festival Asia Indonesia 2012 (AFAID 2012) yang untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia, setelah sebelumnya digelar di Singapura selama 4 tahun berturut-turut. AFAID 2012 diadakan di PRJ Hall A, JI Expo, Jakarta, yang digelar dari jam 9 pagi hingga 9 malam.

AFAID 2012 menghadirkan para artis J-Pop yang membawakan lagu-lagu anime ternama, seperti 7!!, bless4, Ichirou Mizuki, Lisa, angela, Kotoko, Sea☆A, dan Stereopony yang tampil dalam konser Super Anisong Stage. Acara ini juga mengundang bintang tamu istimewa dari dunia otaku dan cosplay, seperti Danny Choo, Vivian Wijaya, Kaname, Akatsuki Tsukasa, dan Richfield.

Para juri berdiri bersama para peserta cosplay

Di hari pertama, AFAID 2012 dibuka dengan talk show bersama Kaname, salah seorang cosplayer ternama di dunia. Kemudian para penonton juga memperoleh ilmu yang dibagikan oleh Vivian Wijaya, salah seorang seniman manga dari Indonesia. Setelah itu para artis yang akan tampil pada hari pertama satu-persatu menyambangi para penggemarnya dari atas panggung dan memberikan sambutannya tentang kunjungan mereka ke Indonesia. Tak lama kemudian, Danny Choo, sosok blogger yang menjadi duta budaya pop Jepang yang berbagi pengalamannya dengan para penonton. Acara berlanjut dengan penampilan enam tim cosplay yang mengikuti kualifikasi ARCC (AFA Regional Cosplay Championship), yaitu babak kualifikasi untuk ARCC 2012 di mana tim pemenang akan mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia di final kompetisi cosplay paling bergengsi di Asia Tenggara, ARCC di AFA12 Singapore.

Konser Ichirou Mizuki (Aniki)

Malam harinya, para pengunjung dihibur oleh Ichirou Mizuki (yang akrab disapa Aniki), penyanyi legendaris yang membawakan lagu-lagu anime lawas dengan suara dan penampilannya yang khas. Usai Aniki, tampil 7!! (dibaca: seven ups), grup yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan yang dibentuk di Okinawa. Panggung pun semakin panas dengan kehadiran bless4, grup vokal dari Jepang yang terdiri dari kakak-beradik. Acara hari pertama pun ditutup dengan penampilan dari Lisa, salah satu bintang ternama dalam dunia lagu-lagu anime (anisong) yang mampu menarik perhatian para penonton dengan penampilannya di atas panggung.

Selain dihibur dengan suguhan musik dan cosplay, para pengunjung AFAID 2012 juga dapat berbelanja di area eksibisi yang berisi banyak stand yang menjual berbagai pernak-pernik bertema anime dan makanan khas Jepang. Selain itu, di area eksibisi juga terdapat Moe Moe Kyun Maid Cafe dan Atelier Royale Butler Cafe yang memanjakan para pengunjungnya dengan sambutan dan keramahan para pelayannya.

Di hari kedua, para pengunjung AFAID 2012 dapat menyaksikan talk show bersama Akatsuki Tsukasa, cosplayer asal Taiwan yang juga merupakan salah seorang cosplayer ternama di dunia. Berbeda dengan hari sebelumnya, di hari kedua ini para penonton diajak untuk menyaksikan screening anime Eureka 7 AO dan berjumpa dengan Stereopony, grup yang menyanyikan lagu soundtracknya. Setelah itu para penonton juga dapat menyaksikan cuplikan dari anime K dan talk show bersama produsernya yang menjelaskan segala hal tentang anime tersebut. Sama seperti hari pertama, usai penayangan anime, para penonton disapa oleh para artis yang akan tampil pada hari kedua. Acara kembali berlanjut dengan final cosplay ARCC Indonesia yang sangat menegangkan.

Penampilan Sea☆A
Penampilan Stereopony

Di malam kedua, AFAID 2012 dimeriahkan oleh Sea☆A, grup idol dari Moe Moe Kyun Maid Cafe yang terdiri dari empat gadis belia yang memulai debutnya di Jepang. Acara semakin seru dengan tampilnya angela, duo yang memulai debutnya melalui Asu he no Brilliant Road pada tahun 2003 dan sejak saat itu mereka telah membawakan lagu-lagu untuk berbagai anime. Usai angela, giliran Stereopony untuk tampil. Band rock yang terdiri dari tiga gadis ini berasal dari Okinawa dan dibentuk sejak tahun 2007. Acara AFAID 2012 pun diakhiri dengan penampilan dari Kotoko, penyanyi dan pencipta lagu yang berbakat yang memulai debutnya sebagai penyanyi utama dari grup musik I’ve.

(Photos by Jpn On You)

 

COMMENT