SHARE THIS ARTICLE

Festival lentera raksasa sejak Selasa (26/8/2014) hingga Rabu (27/8/2014) mewarnai perayaan festival di Kuil Suwa Aichi Jepang Tengah khususnya di Kota Nishio, Aichi Isshiki-cho. Festival ini menarik perhatian para wisatawan baik dalam dan luar negeri karena bukan hanya semarak tetapi festival tahunan musim panas yang mengkhususkan lentera raksasa.

lentera-raksasa-di-festival-kuil-suwa-aichi

Lilin panjang 1 meter ditempatkan di lentera besar, dan disambut meriah masyarakat yang melihatnya.

Lentera raksasa dengan 12 jaring kerangka berdiameter macam-macam, mulai yang 3, 6 hingga 5,6 meter sampai ukuran raksasa sekitar diameter 6 hingga 12 meter. Tinggi lentera sekitar 7 meter.

Pada batang tubuh lentera dilukiskan tokoh-tokoh sejarah dan mitologi yang digambarkan dalam warna yang hidup, cerah, mentereng sehingga menarik perhatian masyarakat. Sekitar 450 tahun yang lalu festival ini telah dilakukan yang dipakai sebagai tempat atau saat untuk berdoa menakut-nakuti “Umima” (topan) yang biasanya menyerang daerah tersebut setiap musim panas agar rakyatnya terjaga baik tak terganggu topan tersebut.

Kini masyarakat berlomba membuat lentera untuk bersaing dan menjadi atraksi turis yang sangat menarik karena dibuat dalam ukuran raksasa dan gambar warna-warni menarik khas Jepang. Pengunjung pun banyak yang menggunakan yukata, pakaian tradisional Jepang seperti kimono.

COMMENT