SHARE THIS ARTICLE

#LearnJapanese – Apa sih bedanya kirei dan utsukushii

Minna~ kali ini kita akan membahas tentang bedanya utsukushii 美しい「うつくしい」dan kirei 奇麗「きれい」. Kata kirei memang lebih sering digunakan dalam keseharian dibandingkan utsukushii, karena jika kita mencari dalam kamus arti dari kata utsukushii sendiri memiliki makna yang lebih sempit dari pada kirei. Kirei bisa diartikan cantik, bersih, dan rapih. Kemudian jika dilihat dari penggunaannya kirei lebih menunjukkan ‘cantik’ yang terlihat oleh mata. Seperti warna, bentuk, dan sesuatu yang terlihat cantik atau bersih.

Sedangkan kata utsukushii biasa dipakai untuk menunjukkan kemegahan, keindahan dari sebuah sosok, warna ataupun suara. Utsukushii sendiri biasanya menunjukkan makna “Cantik, Indah” yang berasal dari dalam. Dan juga bisa menunjukkan sesuatu yang emosional, seperti keindahan dalam sebuah hubungan.

Meskipun keduanya memiliki arti ‘cantik’ tapi ada suatu nuansa yang berbeda. Kalau kita mengucapkan utsukushii, nuansa dari kata tersebut terdengar lebih elegan dan anggun. Berikut ini contohnya ya:

日本の じょせいは きれいです。Nihon no Josei wa kirei desu. Wanita Jepang cantik.
日本の じょせいは うつくしいです。Nihon no Josei wa utsukushii desu. Wanita Jepang anggun.

Bagaimana setelah membaca contoh kalimat tersebut, apakah kalian bisa membedakan kirei dan utsukushii?

Learning Japanese Supported By : Aki no Sora

COMMENT