SHARE THIS ARTICLE

sakura cherry blossom

Memang masih jauh menuju saat dimana tunas bunga sakura mulai tumbuh dan bermekaran, namun pernahkah terbersit dalam pikiran kita, mengapa banyak lagu Jepang yang bertemakan bunga sakura? Sebagaimana pentingnyakah arti yang dimiliki oleh bunga sakura sehingga banyak sekali lagu bertemakan bunga sakura yang dapat kita temui dalam lagu-lagu Jepang?

Seperti yang kita tahu, bunga sakura adalah bunga yang menjadi simbol dari Jepang itu sendiri. Bunga yang dapat mewarnai seluruh jalanan dan taman-taman di seluruh penjuru Jepang dengan kelopaknya yang indah berwarna merah muda itu adalah bunga simbolis yang sangat penting bagi masyarakat Jepang. Mengapa penting? Karena bunga ini mekar selama akhir dari sebuah musim dan awal dari sebuah musim yang baru, yaitu akhir dari bulan Maret dan awal dari bulan April (tahun sekolah dan fiskal di Jepang dimulai pada bulan April dan berakhir pada bulan Maret). Walaupun masa mekar bunga sakura ini sedikit berbeda untuk tiap daerah dan iklimnya, secara umum sakura memberikan sebuah perasaan sentimentil kepada orang Jepang seperti kesedihan karena perpisahan, kegembiraan dengan awal yang baru, atau untuk sebagian orang mereka mencoba meramalkan hubungan mereka dengan melihat kelopak bunga sakura yang gugur. Pendek kata, banyak sekali perasaan yang terwakili oleh bunga sakura itu.

sakura cherry blossom tree

Setiap tahunnya, Oricon melakukan sebuah survei untuk mengetahui lagu bertema sakura yang paling disukai oleh penikmat musik Jepang. Sebanyak 500 orang pria dan wanita berusia belasan hingga duapuluhan tahun ditanya lagu bertema sakura favorit mereka, yang biasanya dilakukan dalam periode bulan Maret. Di bawah ini adalah Top 10 Sakura Song Ranking 2011 hasil survei Oricon:

01. Sakura / KETSUMEISHI
02. Sakura / Kobukuro
03. Sakura (vokal) / Naotaro Moriyama
04. Sakura / Ikimonogakari
05. Sakura Zaka / Masaharu Fukuyama
06. Sakura Sake / Arashi
07. Sakura no Ki ni Narou / AKB48
08. Sakura no Toki / aiko
09. Sakura no Hanabira-tachi / AKB48
10. Sakura Girl / NEWS
10. Sakura / FUNKY MONKEY BABYS
*ada 2 lagu yang mendapat peringkat ke-10

Sementara untuk Top 10 Sakura Song Ranking 2012 hasil survei Oricon adalah:

01. Sakura (vokal) / Naotaro Moriyama
02. Sakura / KETSUMEISHI
03. Sakura / Kobukuro
04. SAKURA / Ikimonogakari
05. Sakura Sake / Arashi
06. Sakura Zaka / Masaharu Fukuyama
07. Sakura no Ki ni Narou / AKB48
08. Sakura no Hanabira-tachi / AKB48
09. Sakura no Toki / aiko
10. Sakura / Remioromen

Lagu-lagu di atas tentu saja hanya sebagian kecil dari lagu-lagu bertema sakura yang ada di Jepang. Anda akan sangat terkejut melihat betapa banyaknya lagu bertema sakura dalam daftar karaoke di Jepang. Kita tunggu saja peringkat untuk lagu-lagu bertemakan sakura untuk tahun 2013 ini.

Sources :
COMMENT