SHARE THIS ARTICLE
Gambar: Kuburan Jepang via Shutterstock
Gambar: Kuburan Jepang via Shutterstock

Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar kata Jepang? Mungkin sebagian akan berpikiran tentang sebuah negara maju dengan berbagai macam teknologi canggih.

Yups, memang itulah Jepang, sebuah negara yang dipenuhi dengan segudang benda-benda berteknologi tinggi, bahkan kuburan-pun juga tidak lepas dari sentuhan teknologi.

Adalah Ruriden, sebuah kuburan canggih yang terletak di dalam kuil Buddha bernama kuil Koukoko-ji. Secanggih apa sih kuburan Ruriden ini?

Kuburan di Jepang Ini Dipenuhi Dengan Patung Budha dan Lampu LED Berwarna-Warni (2)Sebelum kita bahas lebih lanjut, terlebih dahulu akan kami ulas sedikit tentang Ruriden. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Ruriden merupakan sebuah kuburan atau tempat peristirahatan terakhir yang ada di dalam kuil Koukoko-ji.

Di dalam Ruriden tersebut tersimpan abu pembakaran jenazah dengan jumlah yang sangat banyak tentunya, dan di masing-masing abu pembakaran jenazah diletakkan sebuah patung Buddha berukuran kecil yang terbuat dari kristal.

Patung Buddha Dari Kristal
Patung Buddha Dari Kristal

Nah, jika ada orang yang berziarah ke Ruriden, mereka tidak perlu repot-repot mencari satu persatu abu pembakaran jenazah, cukup ketikkan nama di komputer dan nanti komputer akan menunjukkan lokasi penyimpanan dari abu pembakaran jenazah yang dimaksud, canggih kan?

Ruriden
Ruriden

Di dalam Ruriden terdapat 2.046 patung Buddha yang  terbuat dari kristal, tidak hanya itu aja yang membuat keren, di dalam masing-masing patung tersebut juga diisi dengan lampu LED yang berwarna-warni. Di Jepang sana tidak hanya gigi aja yang bisa dihiasi pakai lampu LED, tapi patung Buddha juga bisa.

Ruriden
Ruriden

Agar lampu LED di dalam patung tersebut bisa menyala, tiap kerabat yang berziarah bisa memasukkan sebuah kartu pintar dan memasukkan sebuah kode nomor PIN khusus terlebih dahulu.

Lantas, kira-kira berapa ya harga yang harus dikeluarkan agar bisa dimakamkan di Ruriden? Biayanya ternyata mencapai 750 ribu yen atau sekitar 81 juta rupiah. Sedangkan untuk biaya pemeliharan sebesar 9000 yen atau kurang lebih 1 juta setiap bulannya.

Setiap abu pembakaran jenazah yang disimpan di Ruriden maksimal hanya disimpan selama 33 tahun saja, setelah itu abu jenazah tersebut akan dikuburkan di bawah Ruriden.

Keren ya kuburan Ruriden tersebut? Kira-kira kalau kuburan di Indonesia juga dilengkapi dengan lampu LED gimana ya? Pasti gak akan terkesan angker dan menyeramkan lagi.

Source : ngonoo.com
COMMENT