SHARE THIS ARTICLE

Bunga Sakura atau Gunung Fuji jadi suguhan cantik untuk turis di Jepang. Tapi kalau Anda punya nyali, coba datang ke Matsuo Mine. Inilah kota mati yang bangunannya terbengkalai tapi bikin penasaran.

matsuo mine (1)
Bangunan-bangunan di Matsuo Mine (Youtube)

Satu tempat yang bisa membuat Anda deg-degan di Jepang adalah Matsuo Mine. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber dan Youtube, Matsuo Mine sejatinya adalah kota tambang yang ditinggalkan.

Matsuo Mine berada di pegunungan di kawasan Matsuo, Distrik Iwate, Tohoku. Pegunungan tersebut dulunya kaya dengan hasil tambang, sehingga pada tahun 1914 pemerintah setempat mendirikan kota kecil bernama Matsuo Mine bagi para pekerja tambang. Tak tanggung-tanggung, kotanya dihuni lebih dari 15 ribu orang!

matsuo mine (2)
Menelusuri salah satu bangunan di sana (Youtube)

Fasilitas yang tersedia di Matsuo Mine terbilang sangat lengkap. Ada 11 apartemen sebagai tempat tinggal, sekolah, rumah sakit, taman, dan arena olahraga seperti lapangan basket. Sayang, Matsuo Mine akhirnya ditinggalkan penduduknya tahun 1969 setelah perusahaan-perusahaan tambang gulung tikar tanpa alasan yang jelas.

Mau tak mau, ketika itu para penduduk Matsuo Mine pergi meninggalkan kotanya. Bangunan-bangunan di sana ditinggalkan begitu saja dan masih terbengkalai hingga kini. Seiring berjalan waktu, Matsuo Mine dikenal sebagai kota mati yang menyeramkan!

matsuo mine (3)
Salah satu kamar apartemen yang sudah hancur (Youtube)

Bukan tanpa sebab, Matsuo Mine rupanya cukup sering diselimuti kabut putih tiap waktu. Ketika kabut menutupi kotanya, suasana bakal menjadi gelap dan rasanya sudah sore hari. Meski, kala itu Anda datang di tengah hari bolong.

Belum lagi ketika menelusuri tiap-tiap bangunan di sana. Suasana yang mencekam dan udara yang lembab bisa membuat jantung berdetak cepat. Banyak pula kaca-kaca yang pecah dan kayu-kayu lapuk di dalam apartemen yang berserakan begitu saja. Walau bisa berburu foto-foto yang keren, tapi dijamin tak bakal betah berlama-lama di dalam bangunannya.

matsuo mine (4)
Suasana yang mencekam (Youtube)

Bahkan, beberapa situs dunia seperti 1.001 Haunted Places to Visit atau Cracked menobatkan Matsuo Mine sebagai kawasan menyeramkan di Jepang. Meski tak ada cerita hantu, suasana di Matsuo Mine sudah cukup membuat bulu kuduk merinding.

Lembab, selalu diselimuti kabut dan penuh dengan banyak bangunan yang terbengkalai menjadikan Matsuo Mine hanya bisa dikunjungi bagi turis yang punya nyali. Yang bikin suasana seram, adalah ketika hanya mendengar langkah kaki Anda sendiri di dalam suatu bangunan. Satu lagi, jangan datang saat sore hari sebab tidak ada listrik di sana.

Penasaran dan berani datang ke sini?

Source : travel.detik.com
COMMENT