SHARE THIS ARTICLE
KOPAJA adalah suatu komunitas/keluarga bagi para pencinta/penyuka budaya Jepang seperti anime/manga, dan J-Culture lainnya, yang berbasis di daerah JABODETABEK. Komunitas ini dibentuk bertujuan untuk menyatukan para Anime/Manga Lover, khususnya para outcast otaku dan Hikki, agar bisa mendapatkan tempat untuk saling share, diskusi anime, dan menemukan orang-orang sehobi yang bisa disebut teman/keluarga.
Logo KOPAJA
History:

10402568_10201646423397427_911081167625242496_nKOPAJA terbentuk pada tahun 2012,  berawal dari seorang pecinta AniManga (Anime & Manga) yang baru saja datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan yang bernama “Akira” (red-nama panggilan). Saat itu bertepatan dengan salah satu event cosplay yang diselenggarakan di PRJ Kemayoran. Kemudian ia bertemu dengan temannya Ditz.

Awalnya ia tidak tahu seperti apa event cosplay itu. Namun setelah melihat event tersebut, ia kagum ternyata ada banyak orang yang antusias dengan event dan cosplayer-nya. Dari situlah ia mendapatkan ide untuk membuat sebuah komunitas.

Sebelum tercetusnya nama KOPAJA (Komunitas Pecinta Anime Jakarta) ada beberapa nama yang terpikirkan adalah “Indonesian Anime Community”, “Anime Community Jakarta”, “Jakarta Cosplay Community”. Namun, nama-nama tersebut tidak digunakan, karna ia ingin komunitas ini menjadi ciri khas dan hanya di Jakarta. Maka dari itu nama “Komunitas Pecinta Anime Jakarta [KOPAJA]” lah yang dipilih.

Tiap bulannya Kopaja juga rutin melakukan gathering/kumpul-kumpul untuk saling share koleksi anime, diskusi, bermain fun games, otaku kuiz, dan sebagainya untuk meningkatkan rasa persatuan/bond antar member. Selain itu, komunitas ini juga biasa hadir untuk ikut meramaikan acara-acara J-event di wilayah Jabodetabek.

Foto kegiatan komunitas:

314158_280126005438235_1441082087_nFirst Gathering KOPAJA @JJM 2012

KOPAJA Mengikuti acara World education expo 2014

Salah satu event besar yg diselenggarakan KOPAJA HiLo Teen Artivity

Kegiatan Gathering KOPAJA
Divisi KOPAJAKOPAJA sangat mendungkung bakat-bakat yang dimiliki para member-nya sehingga mereka membuat beberapa divisi, yaitu:
  • Divisi Manga: Divisi ini dibentuk untuk menampung para member yang berbakat membuat Manga (Komik/FanArt). Tidak hanya yang berbakat, namun juga untuk yang ingin belajar pun juga bisa. Di sini kalian juga bisa bertukar pikiran mengenai manga/fanart yang dibuat.
  • Divisi Literatur: divisi di mana kalian mengimajinasikan sebuah imajinasi menjadi sebuah karya tulis yang dituliskan ke dalam sebuah cerita fiksi yang menarik.
  • Divisi Musik: divisi di mana kalian bisa mengembangkan minat dan bakat tentang dunia musik. musik yang baik tak hanya untuk didengarkan tapi dimainkan dan diapresiasikan lewat nada dan bahasa lewat perasaan yang tercurah. tak cuma memainkan, kalian juga bisa membentuk sebuah band dan bertukar pengalaman dan pelajaran yang mungkin belum pernah kalian ketahui sebelumnya.
  • Divisi Cosplay: hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku kostumasa sering disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer.

kopachan*gambar di atas adalah Kopa-chan. Maskot KOPAJA yang merupakan salah satu karya divisi manga.

cospalyBagian dari KOPAJA

Bagian dari keluarga besar KOPAJA:

– Ren-Ai Project
Idol group dengan genre POP-ROCK, telah banyak tampil di festival Jepang dan menjuarai berbagai kompetisi dance.
(https://www.facebook.com/RenAiProject)

renai– Doki Doki Morning

Tim flashdance/dancecover dengan genre kabuki dan visual flashdance parodi.
(https://www.facebook.com/pages/Doki-Doki-Morning/293577004141182)
DSC00205
J-Event yang berhasil diselenggarakan KOPAJA:
 
– JPop CVity 2014 
8 juni 2014
@Lippo Plaza Kramat Jati
– KOPA JAPAN FESTIVAL 2014
18 – 19 Oktober 2014
@Mall Kota kasablanka Jaksel
– Zombie Flashmob With KOPAJA & Doki Doki Morning
31 Oktober 2014
@Mall Kota Kasablanka jaksel
– HiLo Teen Artivity Cosplay competition
21 Febuari 2015
@Gandaria city
kopaja 2Ingin bergabung? Kunjungi:
 
Media Sosial KOPAJA:
– Twitter: @KopajaFamily
– youtube: http://www.youtube.com/user/KOPAJAfamily
COMMENT