SHARE THIS ARTICLE

Kompetisi Washoku Tantangan Dunia (WWC) 2015 sudah dibuka pendaftarannya bagi semua chef (juru masak) dunia, non warga Jepang (hanya orang asing saja) dan ditutup 31 Oktober 2014. Final Kejuaraan WWC kedua kali ini akan berlangsung bulan Januari 2015 di kota budaya Kyoto.

“Kami menyelenggarakan yang kedua kali kompetisi WWC ini dan berharap dapat lebih banyak lagi pesertanya dibandingkan tahun ini yang diikuti 106 peserta dari 21 negara termasuk dari Indonesia,” papar Tomomi Kanemura, eksekutif Dentsu Inc yang menjadi juru bicara penyelenggara WWC khusus kepada Tribunnews.com, Selasa (30/9/2014).

Tahun ini sebanyak 12 orang juru masak dari Indonesia ikut serta dalam kompetisi tersebut. Diharapkan akan jauh lebih banyak lagi peserta dari Indonesia. Tahun 2014 ini dimenangkan oleh juru masak dari Singapura, Li Kwok Wing, mendapatkan medali emas, tropi dan hadiah-hadiah lain.

Washoku adalah makanan tradisional Jepang yang telah tercatat di Unesco sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) bulan Desember 2013.

“Idenya berasal dari Kementerian Pertanian Jepang dan kami menyelenggarakan hal ini ternyata mendapat sambutan sangat hangat dari berbagai negara,” katanya.

Di Jepang ada sekitar 55.000 restoran yang menyajikan Washoku sebagai hidangan untuk masyarakatnya dan ternyata banyak disenangi kalangan turis asing yang berkunjung ke Jepang. Misalnya makanan Sushi, Tempura dan sebagainya. Cita rasa yang tinggi, cantik, sehat dan menyenangkan terdapat pada Washoku sehingga tak heran dapat diterima Unesco sebagai Warisan Budaya Dunia.

Source : tribunnews
COMMENT