SHARE THIS ARTICLE

Osaka Mercantile Steamship Co 1916

Bila dibandingkan dengan era modern sekarang di mana setiap periklanan yang didominasi oleh riuhnya tagar di media sosial, bentuk iklan di zaman dahulu ternyata jauh lebih indah dan memiliki romansa. Setidaknya, perasaan itulah yang timbul ketika melihat beragam poster iklan Jepang dari perusahaan perkapalan di tiga era yang berbeda.

Oriental Steamship 1914
Dilansir dari Rocketnews24, ada macam-macam poster iklan Jepang yang diunggah ke dunia maya dari tiga zaman yang berbeda. Yaitu Meiji akhir (1868 – 1912), Taisho (1912 – 1926) dan awal Showa (1926 – 1989). Semuanya dipergunakan untuk media promosi bagi perusahaan penyedia kapal uap besar dan kapal kargo penumpang untuk membanggakan pekerjaan mereka yang erat asosiasinya dengan kekuatan, romansa dan petualangan.

Osaka Mercantile Steamship Co 1917
Jadi jangan heran bila rata-rata dari poster iklan Jepang ini didominasi oleh ilustrasi indah wanita cantik dalam balutan kimono dengan teropong atau pesumo yang berdiri di atas dua benua. Pasalnya rute dari kapal uap tersebut sangat luas, mencakup Hokkaido dan pulau-pulau utara yang dahulu masuk ke teritori Jepang, seperti Sakhalin di ujung benua Rusia. Dan kapal-kapal tersebut tidak hanya mengantar komoditi domestik, namun juga surat-surat secara internasional.

Oriental Steamship 1919

osaka 1918

Osaka Mercantile Steamship Co

Bagaimana menurut kalian? Menyenangkan bukan mengetahui sejarah melalui poster iklan Jepang ini?

Source : rocketnews24.com
COMMENT