SHARE THIS ARTICLE

Ikan mas adalah salah satu ikon simbolis dalam kebudayaan Jepang. Saat festival musim panas misalnya, ikan ini banyak dijumpai dan dipercaya sebagai simbol keberuntungan dan kebahagiaan. Yang mengejutkan, pada tahun 2011, secara misterius muncul boks telepon berisi ikan mas di daerah Osaka.

Ternyata, sebuah grup bernama Kingyobu atau Goldfish Club mencipta ulang sebuah karya seni urban dengan mengubah suatu benda fungsional menjadi objek seni, dalam hal ini adalah boks telepon yang sudah usang atau tidak terpakai. Masyarakat sekarang dapat berjalan melintasi taman dan menemukan boks telepon yang berisi gelembung udara dan ikan mas hidup!

56-208117-kingyobu-in-prob-b-01

Langkah pertama Kingyobu dalam membuat instalasi ini adalah membuat bagian dalam boks telepon menjadi kedap air, menyegel rapat-rapat celah pada pintu dan tepian boks. Kursi dan telepon umum yang ada dalam boks telepon dibiarkan begitu saja, menciptakan diorama akuarium yang biasa kita lihat di rumah. Setelah boks telepon diisi air menggunakan selang, akan terlihat gagang telepon mengambang di air. Setelah air dan filter dipasang, puluhan ikan mas akan dimasukkan. Pada malam hari, tangki ikan mas ini akan bercahaya menerangi bagian kota tempat mereka diletakkan. Filter akan menjaga tangki tetap bersih, sedangkan bagian atas tangki akan bisa dibuka sehingga ikan-ikan itu bisa diberi makan.

56-208115-to-be-deleted-02

Sources :
COMMENT