SHARE THIS ARTICLE

Pengumuman nominasi Academy Awards ke-89 baru saja diumumkan pada Selasa, 24 Januari 2017 waktu Amerika Serikat. Sebelum ini, banyak orang yang menjagokan film anime Kimi no Na Wa karya sutradara Makoto Shinkai untuk masuk menjadi salah satu nominasi penerima penghargaan bergengsi tersebut.

Dalam kategori Best Animated Feature Film of the Year, terdapat 5 judul film animasi yang lolos menjadi nominasi, namun sayangnya, film anime Kimi no Na wa tidak terdapat di dalamnya. Kelima film animasi yang masuk ke dalam nominasi Oscar untuk kategori tersebut tahun ini adalah Kubo and the Two Strings (AS), Moana (AS), My Life as a Zucchini (Prancis dan Swiss), The Red Turtle (Prancis,Belgia, Jepang), dan Zootopia (AS).

Beberapa tahun belakangan ini, film animasi Jepang telah seringkali menjadi calon yang kuat untuk kategori ini. Tahun kemarin, film When Marnie Was There karya Studio Ghibli berhasil masuk ke nominasi, namun, pertama dan terakhir kalinya sebuah film animasi Jepang berhasil memenangkan kategori tersebut adalah saat Spirited Away memenangkan Academy Awards ke-75.

Sebenarnya, jika mengingat kesuksesan Kimi no Na Wa menjadi anime dengan jumlah penjualan terbesar di Jepang, kesuksesannya yang tak terbantahkan di luar Jepang, serta akan ditayangkannya film anime tersebut di Amerika dan Kanada pada bulan April mendatang, tidak masuknya film tersebut ke dalam nominasi Oscar menjadi hal yang cukup aneh.

Apakah menurut kalian Kimi no Na wa sebenarnya layak masuk ke dalam nominasi Oscar?

(Featured image: kiminona.com)

Source : aramajapan.com
COMMENT