SHARE THIS ARTICLE
Ilustrasi kopi (shutterstock)
Ilustrasi kopi (shutterstock)

Mungkin Anda anti kopi instan, dengan sederet alasan yang melatarbelakanginya. Tapi jika Anda tahu ada  cara untuk membuat kopi instan serasa  kopi segar hasil seduhan seorang barista, mungkin Anda akan berubah pikiran.

Dan trik ini bukanlah iklan produsen kopi, tapi sebuah cara sederhana yang dirilis situs budaya pop Jepang, RocketNews24.

Tidak ada bahan tambahan lain ataupun langkah-langkah rumit yang terlibat dalam proses ini. Hanya kopi instan dan air!  Rahasianya adalah air dingin. Yakni dengan terlebih dahulu melarutkan butiran kopi dengan air dingin, sebelum menambahkan air panas. Sederhana bukan?

Penjelasan ilmiah di balik kopi hack ini, sebagaimana dilaporkan di program “Tameshite Gatten” yang disiarkan NHK,  mengungkapkan bahwa menambahkan air panas langsung ke butiran kopi instan menyebabkan pati atau amilum yang terkandung di dalam butiran kopi akan mengeras, memberi rasa “tepung”.

Sementara jika terlebih dulu mencampur granul dengan air dingin akan memungkinkan butiran kopi larut sempurna, sehingga membuat kopi lebih nikmat dan menguarkan aroma yang menggoda. Jika tak percaya, cobalah sendiri dan jangan kaget jika ternyata Anda terkesan dengan hasilnya.

Bahan:
1 sendok teh kopi instan sesuai selera
1 sendok teh air dingin
1 cangkir kopi
140 mililiter air panas

Cara membuat:
Campurkan kopi dengan air dingin. Aduk sampai merata lalu seduh dengan menggunakan air panas.

Source : suara.com
COMMENT