SHARE THIS ARTICLE

doraemon-tram-japan

Meskipun ia secara teknis tidak akan “dilahirkan” seratus tahun yang akan datang, kota Takaoka di Jepang sudah mulai merayakan ulang tahun kucing robot futuristik Doraemon, karakter dari salah satu anime dan manga Jepang yang paling populer.

Pemerintah kota tersebut bekerja sama dengan Fujiko Pro Untuk memperkenalkan trem Doraemon-bertema khusus pada jalur Manyo Line bertepatan dengan ulang tahunnya, yang ditetapkan jatuh pada tanggal 3 September 2112. Kucing biru yang bisa berbicara ini mendapat tempat khusus di hati warga Takaoka, karena pencipta serialnya, mangaka Fujiko F. Fujio, dilahirkan di kota tersebut.

Dioperasikan oleh perusahaan kereta api berbasis di Takaoka, Manyosen, trem-trem di Manyo Line biasanya dikenal karena tubuh merahnya, tapi salah satunya yang terbaru didekorasi ulang dalam warna biru khas Doraemon. Sebuah garis merah dengan bel kuning membentang di tubuh trem dua gerbong tersebut, yang mengingatkan akan kerah Doraemon.

Presiden Fujiko Pro, Yoshiaki Ito, dan Walikota Takaoka, Masaki Takahashi, merayakan peluncuran trem ini dengan upacara pemotongan pita yang diselenggarakan tanggal 8 September yang lalu di Takaoka-Ekimae Station.

“Trem listrik ini dirancang untuk mengungkapkan kecintaan kita kepada Doraemon. Saya ingin semua orang menikmatinya,” kata Ito dalam pidatonya di acara tersebut.

Pihak penyelenggara menggunakan semua usaha dalam merancang trem khusus ini. Pintunya dicat agar terlihat seperti “Dokodemo-door (pintu kemana saja)” milik Doraemon, salah satu gadget futuristik yang ia bawa ke masa kini dan yang dapat mengarah ke mana saja saat penggunanya ingin pergi.

Di dalam trem ini, para penumpang akan disambut oleh Doraemon, Nobita Nobi dan karakter lain yang Anda kenal yang dicat di langit-langit berwarna biru, seakan-akan terbang di udara dengan alat untuk terbang “Take-copter” yang ditampilkan dalam serialnya.

Interiornya juga dilengkapi gambar Doraemon dan karakter lainnya “seukuran nyata”, bersama dengan lebih banyak gadget futuristiknya, dan tali-tali pegangannya dibungkus dengan penutup bertema Doraemon.

Trem ini menempuh sekitar 10 perjalanan sepanjang hari antara stasiun Takaoka-Ekimae dan Koshinokata, dan dilengkapi dengan global positioning system (GPS), sehingga keberadaannya dapat dilacak pada ponsel dan perangkat lain setiap saat.

Sekitar 2.000 tiket untuk satu hari yang cocok untuk perjalanan tak terbatas telah dikeluarkan untuk merayakan pengoperasiannya. Tiket perayaannya tersedia di kantor operator kereta api, di dalam trem dan di tempat lain. Sebanyak 1.500 tiket tambahan akan dikeluarkan untuk periode Januari-April tahun depan dan ditambah lagi untuk periode Mei-Agustus, kata perusahaan tersebut.

Anak-anak dari Nomachi Nursery School, yang diundang ke upacara itu, menampilkan tari Doraemon Ondo di depan trem tersebut. Ketika anak-anak prasekolah naik trem itu, mereka nampak senang saat melihat Nobita, teman baiknya Shizuka dan karakter-karakter lain yang digambar di jendela.

(Source & photos: ajw.asahi.com & in.5thvillage.com)

COMMENT