SHARE THIS ARTICLE

Dalam beberapa dekade terakhir, mengelilingi wilayah-wilayah di Jepang bisa dilakukan dalam sekejap menggunakan jaringan kereta yang sangat efisien yang melintasi negeri tersebut. Bahkan, hanya dalam beberapa tahun mendatang, kamu tidak hanya bisa pergi ke daerah manapun di pulau utama Honshu dengan menggunakan kereta, tapi kamu juga bisa melakukannya sambil bergaya, berkat kereta-kereta mewah baru yang melayani rute di wilayah Chugoku, Kanto dan Tohoku.

ht-1

Hokuriku, kereta di Jepang yang berjalan di sepanjang pesisir utara pusat Honshu, mungkin adalah kereta yang paling mahal dari semua kereta yang ada, dengan interior yang dihiasi dengan pernak-pernik tradisional dan daun-daun berwarna emas.

Dibandingkan dengan kereta-kereta baru dari daftar di atas, kereta Hokuriku sepertinya menjadi pilihan perjalanan yang lebih sederhana. Kereta Tohoku adalah sebuah model kereta Shinkansen super cepat, sedangkan kereta Kanto dan Chugoku adalah kereta-kereta sleeper. Sebaliknya, kereta api baru untuk wilayah Hokuriku, yang akan melaju di antara Kanazawa dan resort pemandian air panas Wakura Onsen di prefektur Ishikawa, bukanlah kedua kereta yang disebutkan sebelumnya, ditambah lagi kereta ini hanya memiliki 2 gerbong dan secara keseluruhan hanya berkapasitas 52 penumpang.

ht-2

Tema desain untuk proyek ini adalah “keindahan” dan “tradisi Jepang”, dan keduanya terlihat jelas pada karya seni ini. Semenjak emas ditemukan di sekitar wilayah itu ratusan tahun yang lalu, Kanazawa telah dikaitkan dengan logam berharga tersebut, dan kota tersebut tetap menjadi pembuat kerajinan daun emas terkenal di Jepang. Lacquerware (kerajinan yang menggunakan metode pernis) dari kota Wajima, daerah yang juga terletak di Ishikawa, juga sama berharganya, dan kedua unsur tersebut juga terlihat sangat menonjol dalam interior gerbong kereta.

ht-4

Eksterior kereta ini juga menunjukkan kebudayaan tradisional Hokuriku, dengan gambar yang menggugah dari pola kimono Kaga-Yuzen dari Ishikawa yang sangat indah.

Di dalam, para penumpang bisa menyantap hidangan penutup gaya Jepang atau mencicipi pilihan sake Hokuriku. Di dalam salah satu gerbongnya bahkan terdapat panggung untuk penampilan musik daerah, yang akan ditampilkan juga lewat layar untuk para penumpang yang berada di gerbong lainnya.

ht-6

Kereta Hokuriku yang mencolok ini rencananya akan mulai beroperasi pada Oktober 2015 mendatang.

COMMENT