SHARE THIS ARTICLE

Sudah cukup banyak seniman Jepang yang menciptakan karya-karya unik dengan media selembar kertas menggunakan teknik melipat, memotong hingga mencungkil dengan detail yang memukau. Namun selain kertas, seniman bernama Ayumi Shibata juga menggunakan benda-benda yang terbuat dari kaca untuk menambah keindahan karyanya. Shibata menciptakan miniatur kota dalam gelas dan botol kaca menggunakan metode pemotongan kertas tradisional Jepang.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, seniman Jepang tersebut mencoba untuk membangun dialog tentang bagaimana hubungan yang manusia miliki dengan lingkungan dan kekuatan alam di dunia. Menurutnya kertas yang dipilihnya sebagai referensi bahan karyanya, yang dalam bahasa Jepang disebut “Kami,” juga bisa berarti “Tuhan,” “Keilahian,” atau “roh,” yang dalam agama Shinto ada di mana-mana, baik di langit, tanah, pohon, dan batu.

Dalam agama Shinto, kertas putih dianggap sebagai bahan suci. Kami bergerak bebas di luar waktu, alam semesta dan tempat, muncul di berbagai peristiwa, serta di rumah-rumah kita dan tubuh kita,” kata Shibata di website-nya. Shibata juga sedang menggelar pameran bertajuk Passion Paper yang diadakan hingga tanggal 27 Maret 2017 nanti di Galerie Atalier Du Genie di Paris.

Seniman Jepang ini juga menciptakan karya-karya yang rumit dari kertas di luar gelas. Lihat karya-karyanya yang menakjubkan di bawah ini!

Sources :
COMMENT