SHARE THIS ARTICLE

Siapa yang suka baca manga? Pasti banyak yang suka ya? Walau beberapa manga banyak yang sudah diadaptasi menjadi
film live-action, drama panggung, atau yang berformat 3 dimensi lainnya, tapi kita tetap saja membaca manga dalam bentuk 2 dimensi, kan? Sekarang ada lho cara baru dalam menikmati manga, yaitu dalam bentuk 2,5 dimensi. Kok bisa? Bagaimana caranya? Yuk lihat hasil karya dari seniman Jepang bernama Muneo Saito berikut ini!

Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (1)Dilansir dari rocketnews24.com, Muneo Saito menjabat sebagai character artist dari sejumlah anime Pokémon dan menggambar manga Pokémon Gold and Silver Golden Boys. Selain itu, ia juga telah menciptakan proyek terbarunya yaitu manga berjudul Attack 00 Gakuen 2.5D yang menakjubkan dengan menggunakan guntingan kertas bergambar beraneka karakternya, latar tempatnya, dan bahkan efek suaranya lho!

image: twitter.com/muneondo
image: twitter.com/muneondo

Awalnya Saito mulai menggambar para karakter dalam cerita yang akan dibuatnya dengan menggunakan pena dan pensil, seperti halnya membuat manga pada umumnya. Setelah itu Saito memotong gambar karakter-karakternya menjadi potongan boneka yang kemudian ditempelkan pada dudukan khusus yang dibuatnya sendiri. Meski telah membuat karakter-karakternya, Saito merasa ada yang kurang karena masih terlihat 2D, untuk itu ia lalu menciptakan ruang tiga dimensi sebagai latar tempatnya.

Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (2)
image: twitter.com/muneondo
Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (3)
image: twitter.com/muneondo
Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (4)
image: twitter.com/muneondo

Selain membuat miniatur wadah sampah dan meja tiga dimensi, Saito juga membuat bangunan sekolah yang menjadi latar tempat ceritanya, yang memiliki dinding dan partisi khusus untuk gambar interiornya sambil tetap memperhatikan perspektifnya, terutama lantai bermotif yang membantunya untuk menentukan jarak yang benar antara berbagai elemennya. Setelah berhasil membuatnya, Saito masih merasa ada yang kurang, yaitu efek suara. Ia lalu menambahkan efek suara berupa tulisan atau huruf dalam bahasa Jepang dengan ukuran besar yang akan menambah nuansa dramatis dari ceritanya. Keren banget ya!

Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (5)
image: twitter.com/muneondo
Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (6)
image: twitter.com/muneondo
Keren! Di tangan seniman ini, manga bisa tampil menjadi 2,5 dimensi! (7)
image: twitter.com/muneondo

Mau melihat cara dan foto-foto di balik pembuatannya? Kunjungi akun Twitter-nya di sini!

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT