SHARE THIS ARTICLE

 

Kerang Asari dengan pasta, perpaduan kuliner Jepang dan ItaliaSpaghetti alle vongole dengan nuansa musim semi menggunakan kerang “Asari” yang lezat diperkenalkan oleh seorang koki masakan Italia dari Jepang, Kuniaki Arima. Sebelum memasaknya, rendam kerang-kerang tersebut dalam air garam selama sekitar satu jam untuk menjaga rasa segarnya. Pilih dan pilah kerang yang kurang baik untuk mencegah baunya agar tidak menyebar. Sesuaikan jumlah spaghetti jika diperlukan.

Dilansir dari house of japan.com, dalam menggunakan bumbunya, untuk menggantikan peterseli dapat digunakan daun “seri” (peterseli Jepang) atau daun shiso. Tambahkan tomat cincang segar setelah kerang dicampur dengan sake di dalam panci. Tambahkan pasta bahkan lebih awal jika panci tampak pekat. Tambahkan mentega untuk rasa yang menyegarkan.

Untuk satu porsi.

Bahan-bahan

400 gram kerang Asari
120 gram spaghetti
1,5 sdm minyak zaitun
1/2 siung bawang putih
1/3 sdt kecap ikan
60 cc sake (bisa diganti dengan bahan lai sesuai selera)
Cabai secukupnya
Sedikit lada
10 gram mentega
Beberapa helai peterseli

Cara pembuatan

Saring pasir dari kerang dengan menyebarkannya dalam wadah yang datar dengan air garam (dengan kandungan garam sekitar 3%) yang cukup untuk menutupinya. Tutup dengan koran. Bilas kerang dengan saringan dalam air yang mengalir. Gosok kerang dengan lembut. Ganti airnya beberapa kali. Tiriskan.

Tumbuk bawang putih dengan sisi datar dari pisau dapur dan tempatkan dalam wajan dengan minyak zaitun di atas api kecil. Mulai rebus spaghetti dalam air dengan kadar garam 1%. Atur waktunya selama 1 menit. Setelah aroma bawang putih tercium, tambahkan kecap ikan, nyalakan api dan didihkan.

Tambahkan kerang dan campurannya sehingga minyak melumurinya. Tambahkan cabai, sake dan tutup pancinya. Aduk sesekali agar panasnya merata.

Potong-potong peterseli.

Setelah kerangnya terbuka, taburi dengan lada. Tambahkan spaghetti yang telah dikeringkan dan nyalakan api. Masak pasta sehingga menyerap sup kerangnya. Tambahkan garam secukupnya. Masak sup hingga kuahnya pekat.

Tambahkan mentega dan peterseli; dan minyak zaitun (tidak tercantum di atas) jika diinginkan.

Perkiraan waktu: 20 menit (10 menit untuk menyiapkan, 10 menit untuk menyelesaikan)

Informasi gizi per porsi: dalam kilokalori, sekitar 765; konten sodium, 4,9 gram; kadar lemak, 29,3 gram

Source : houseofjapan.com
COMMENT