SHARE THIS ARTICLE
http://www.mizutanimasako.com/
mizutanimasako.com

Siapa yang tidak ingin tampil selalu awet muda. Meski proses penuaan terus berjalan seiring waktu, tapi menjaga penampilan juga perlu. Kita mungkin sering melihat orang Jepang hidup sampai ratusan tahun. Setelah diteliti, ternyata stem cell atau sel puncanya banyak.

Begitu disampaikan Ahli stem cell dari Unistem Clinic, dr. Karina F, Moegni, SpBP pada wartawan, ditulis Rabu (21/1/2015). Orang Jepang, kata dia, rata-rata hidup sehat sehingga stem cell terjaga dengan baik.

“Stem cell orang Jepang itu ternyata lebih banyak dibanding kita yang masih muda. Itulah yang memperbaiki kualitas hidupnya. Saya tidak bicara mengenai umur panjang karena itu urusan Tuhan,” katanya.

Karina menerangkan, dalam kesehatan ada yang disebut umur fisik dan umur sel. Umur fisik itu seperti yang kita ketahui saat ini dan dihitung sejak dari lahir. Tapi kalau umur sel, ada tes kesehatan.

“Jadi bisa aja umurnya 50 tahun tapi umur selnya 70 tahun tahun karena dia merokok. Tapi ada pasien saya, usianya 70 tahun, tapi karena stem cells nya banyak. Saya kaget. umur selnya 40 tahun karena dia jaga kesehatan.”

“Ada yang namanya mesenkimal stem cell. Sel ini paling jago bikin kolagen dan memperbaiki pankreas. Maka itu, saya bilang mereka yang mengambil manfaat stem cell, bonusnya awet muda,” ujarnya.

Source : health.liputan6
COMMENT