Kena Random Check Polisi di Jepang? Ini Yang Harus Kalian Lakukan!


polisi di jepang
(Featured image: nxdk.tumblr.com)

Beberapa waktu yang lalu, ketika mengunjungi Tokyo, tepatnya Shibuya, tim Japanese Station mengalami satu hal yang mengejutkan: diinterogasi polisi. Sebenarnya, random checking memang sering dilakukan oleh polisi, terutama mengingat bahwa banyak pendatang asing yang masuk ke Jepang kemudian tinggal sebagai penetap ilegal di Jepang, atau dengan niatan yang lebih jahat lagi, misalnya untuk mengedarkan narkoba. Apa yang harus kalian lakukan jika suatu hari  saat berjalan-jalan kalian ditanyai oleh polisi di Jepang?


1. Tetap tenang dan jawab pertanyaan sebisanya

Hal pertama yang harus dilakukan jika kalian memang tidak melakukan kesalahan, adalah tetap tenang dan jawab pertanyaan polisi tersebut sebisa kalian. Random check seperti ini adalah hal yang lumrah dilakukan oleh polisi, terutama di wilayah yang banyak orang asing.

Must Read  Yui Yokoyama Didaulat Jadi Kepala Bagian Komunikasi Kepolisian Jepang Sehari

2. Tunjukkan paspor, jelaskan maksud kedatangan kalian

Permintaan melihat paspor biasanya adalah pertanyaan pertama yang dilontarkan oleh polisi pada saat seperti ini, jadi perlihatkanlah paspor kalian kepada mereka, tunjukkan halaman foto serta halaman visa kalian, dan jelaskan tujuan kalian datang ke Jepang. Ingat! Jangan sampai kalian bepergian tanpa membawa paspor ya, karena salah-salah, kalian bisa ditangkap dan dideportasi!

3. Perlihatkan dan jelaskan barang-barang yang kalian bawa, jika diminta

Terkadang, polisi-polisi ini akan meminta untuk memeriksa barang-barang yang kalian bawa. Jelaskan semampu kalian mengenai barang-barang yang mereka tanyakan. Selama kalian tidak membawa barang-barang berbahaya, semua akan baik-baik saja.

Must Read  Aksi Polisi Jepang Kejar Lamborghini Dengan Sepeda Jadi Viral Dan Tuai Pujian
(image: japanvisitor.blogspot.co.id)

Membaca tips-tips di atas, mungkin akan ada yang bertanya-tanya, jika tidak bisa menjawab dengan bahasa Jepang, apa tidak masalah. Jawabannya: tidak apa-apa, yang penting kalian berusaha menjawab dengan semampu kalian. Bahkan, ada juga yang percaya bahwa polisi biasanya lebih malas menanyai mereka yang tidak bisa berbahasa Jepang, sehingga pemeriksaan kalian bisa jadi akan lebih cepat!

Bahkan ada anekdot mengenai seorang pelajar asal Indonesia yang menjawab “Nihongo ga tabemasen” (saya tidak makan bahasa Jepang) saat dipanggil oleh polisi, yang serta merta tidak jadi memeriksanya. Kalau kepepet saat ditanyai oleh polisi di Jepang, mungkin kalian bisa coba cara ini, tapi ingat ya, resiko ditanggung sendiri!

Salah satu staf Japanese Station yang meminta kepada polisi untuk memotretnya di depan mobil patroli setelah diinterogasi di pinggir jalan

(Featured image: nxdk.tumblr.com)


What's Your Reaction?

LOL LOL
18
LOL
Sugoi! Sugoi!
4
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
6
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
2
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
2
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
2
Daisuki!
Kowai Kowai
2
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~

Kena Random Check Polisi di Jepang? Ini Yang Harus Kalian Lakukan!

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini