SHARE THIS ARTICLE

Salah satu hal yang menarik dari film kartun adalah fantasi yang disuguhkan. Sang pembuat kartun mampu menciptakan “kehidupan” sendiri melalui karakter-karakter buatannya. Meski terkadang tidak rasional, tetap saja kisah dalam kartun menarik untuk diikuti.

Ninja Hattori & Doraemon (Foto:Istimewa)
Ninja Hattori & Doraemon (Foto:Istimewa)

Menyimak beberapa film kartun dan komik yang beredar di Indonesia, ternyata ada yang memiliki kemiripan. Terutama dari segi para tokoh karakter. Dua di antaranya adalah kemiripan tokoh-tokoh pada kisah Doraemon dan Ninja Hattori.

1. Sama-sama memiliki kelebihan
Karakter utama dalam kartun biasanya dirancang sebagai sosok yang memiliki talenta atau kelebihan spesial. Jika Doraemon memiliki kantong ajaib, Ninja Hattori memiliki jurus-jurus ninja.

2. Membantu bocah pemalas
Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Doraemon dan Ninja Hattori digunakan untuk membantu bocah yang malas. Jika Doraemon membantu Nobita, Ninja Hattori membantu Kenichi. Baik Nobita maupun Kenichi diceritakan sebagai anak yang malas dan lemah, sehingga mereka mengandalkan keahlian karakter utama. Mereka berdua juga sama-sama memakai kacamata.

3. Tokoh antagonis
Lingkungan di dunia Doraemon dan Ninja Hattori semakin mirip karena keduanya menghadirkan tokoh anak dengan watak menyebalkan, jahil, dan curang. Karakter ini dibuat untuk selalu kontra dengan sosok si lemah, seperti Nobita dan Kenichi.

Dalam kisah Doraemon karakter antagonis ini diperankan oleh Suneo, sedangkan dalam cerita Ninja Hattori diperankan oleh Kemuzo Kemumaki.

4. Jatuh cinta pada 1 wanita
Sudah bukan rahasia lagi kalau Nobita jatuh hati kepada Shizuka. Begitu pula dalam kisah Ninja Hattori, Kenichi yang karakternya mirip Nobita menaruh hati kepada Yumeko. Karakter Yumeko juga serupa dengan Shizuka.

5. Tokoh utama memiliki adik
Jika Doraemon punya adik bernama Dorami, Hattori juga memiliki adik bernama Shinzo Hattori atau biasa dipanggil Shin-chan.

6. Diciptakan oleh orang yang sama
Doraemon dan Ninja Hattori diciptakan oleh orang yang sama, yaitu Fujiko Fujio. Pengarang cerita asal Jepang ini sebenarnya terdiri atas dua orang, yaitu Fujimoto Hiroshi dan Motoo Abiko. Mereka berdua menggunakan nama pena Fujiko Fujio. Cerita Ninja Hattori dibuat atas nama Motoo Abiko, sehingga banyak yang tidak menyadari kalau dia adalah sosok yang sama dengan pembuat kisah Doraemon.

Source : hiburan.metrotvnews.com
COMMENT