SHARE THIS ARTICLE

Keisuke Honda berperan besar membawa Timnas Jepang menang 6-0 atas Honduras pada laga Jumat untuk sedikit menghilangkan tekanan terhadap pelatih Javier Aguirre.

Keisuke Honda
Keisuke Honda (liverpoolecho.co.uk)

Honda mencetak satu gol, memberi umpan untuk tiga gol lainnya dan sejauh ini merupakan pemain Jepang paling berbahaya pada pertandingan antara dua tim yang tampil buruk pada Piala Dunia 2014 Brasil pada pertengahan tahun ini.

Kami memainkan pertandingan yang lengkap hari ini,” kata Aguirre kepada televisi Jepang Asahi. “Kami membangun tim untuk Piala Asia pada Januari dan tentu saja kami akan pergi ke sana untuk memenangkannya.”

Kami memperlihatkan keseimbangan yang sangat bagus malam ini dan membawa kegembiraan kepada para penggemar,” katanya.

Aguirre menolak merombak tim yang berkontribusi pada laju tidak meyakinkan tim Jepang pada empat pertandingan pertama di bawah asuhan pria Meksiko itu, di mana ia memainkan sepuluh pemain Jepang di Piala Dunia di antara 11 pemain yang diturunkannya di Toyota.

Dan, juara Asia itu hanya memerlukan sembilan menit untuk membuka keunggulan. Bek Maya Yoshida menanduk bola ke gawang yang kosong setelah tendangan sudut dari spesialis bola mati Yasuhito Endo.

Endo, yang diabaikan oleh Aguirre sejak mantan pelatih Espanyol itu mengambil alih jabatan arsitek tim dari pria Italia Alberto Zaccheroni setelah Piala Dunia, menandai kembalinya ia ke timnas dengan gol super saat ia menambah koleksi penampilan timnasnya menjadi 147 pertandingan.

Honda mengubah skor menjadi 2-0 beberapa saat kemudian melalui penyelesaian dingin, sebelum ia memberi umpan kepada Endo untuk diteruskan dengan tembakan kaki kanan dari tepi kotak penalti menjelang turun minum.

Takashi Inui mencetak gol keempat Jepang saat babak kedua baru berlangsung beberapa saat setelah mendapat umpan dari Honda, dan ia menyarangkan gol keduanya di pertandingan itu pada menit ke-74 setelah sesama pemain pengganti Yohei Toyoda membukukan gol kelima.

Samurai Biru hanya menang satu kali di bawah asuhan Aguirre sebelum pertandingan persahabatan Jumat ini – saat mereka menang 1-0 atas Jamaika – dan dipermalukan oleh Brazil pada pertemuan bulan lalu saat Neymar mencetak keempat gol ketika Tim Samba menang 4-0.

Jepang, yang akan berupaya mempertahankan gelar Piala Asia mereka di Australia, akan berhadapan dengan tuan rumah turnamen itu “Socceroos” di Osaka pada pertandingan terakhir mereka tahun ini.

Source : bola.republika.co.id
COMMENT