SHARE THIS ARTICLE

Kali ini kita akan menikmati tarian indah dari upacara pembukaan Festival Hanagasa yang sangat populer dan dianggap sebagai salah satu dari festival-festival besar di daerah Tohoku Jepang.

Walaupun festival ini baru pertama kali diadakan pada tahun 1964 dan karenanya masih relatif baru, Festival Hanagasa Yamagata dapat menyedot lebih dari 1 juta penonton selama tiga hari penyelenggaraannya. Festival ini seringkali diikutsertakan dalam empat festival terbesar di Tohoku bersama dengan Festival Tanabata Sendai (Kota Sendai), Festival Nebuta Aomori (Kota Aomori) dan Festival Kanto Akita (Kota Akita).

Hanagasa adalah topi yang di atasnya disematkan bunga-bunga imitasi. Dalam Festival Hanagasa Yamagata, para penari mengenakan kostum yang seragam setiap grupnya dan memegang topi hanagasa yang diperindah oleh parade safflower yang unik khas Prefektur Yamagata sepanjang jalan utama di Kota Yamagata. Sebanyak 100 grup dengan total 10.000 penari berpartisipasi dalam parade tarian ini. Parade ini dipimpin oleh kendaraan-kendaraan festival yang dihias dengan sangat indah.

sumber : alafista.com

COMMENT