SHARE THIS ARTICLE

Masih ingat dengan Tamagotchi? Peliharaan digital buatan Bandai Jepang yang pernah membuat heboh seluruh dunia saat dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1996 silam?

Dengan cepat produk tersebut terjual hingga 40 juta unit, namun sayangnya cepat pula tren tersebut menguap. Orang-orang berhenti membeli konsol genggam “hewan peliharaan” unik tersebut dan produk yang tersisa di gudang Bandai pun tertutupi oleh debu. Satu lagi tren yang nampaknya datang dan pergi begitu saja.

Namun kemudian Bandai mencoba lagi. Mereka meluncurkan kembali Tamagotchi pada tahun 2004 silam, dan sengaja tidak moncoba untuk tidak menciptakan “booming” – yang merupakan dosa besar jika Anda ingin penjualan Anda laku besar di Jepang, yang seringkali terlihat hanya eksis melalui booming kecil-kecilan, baik itu untuk produk maupun selebriti.

tamagotchi-bandai-revival-1

Sebaliknya, Bandai menetapkan untuk menargetkan hanya para anak perempuan sekolah dasar, berbeda dengan generasi pertama dari Tamagotchi, yang dibeli dan dicintai (untuk sementara waktu) oleh orang-orang dari segala usia.

Seri baru dari Tamagotchi ini, dengan model terbaru yang dirilis hampir setiap tahun, diciptakan secara khusus untuk demografi yang lebih terkerucut, dan dengan teknologi yang lebih maju dan dikembangkan, termasuk interaktivitas lintas-perangkat, seperti dengan ponsel. Hasilnya seperti yang diharapkan oleh Bandai. Penjualan dari tahun 2004 hingga 2011 lalu terhitung sekitar 39 juta unit – terhitung lamban memang, namun untuk jangka panjang, kinerja seperti itu dianggap lebih baik.

tamagotchi-departure-store-harajuku

Kebangkitan Tamagotchi ini juga didukung dengan acara-acara seperti acara tahunan Tamagotchi Thank You Festa, yang pada saat merayakan ulang tahun ke-15 produk ini berhasil menarik sekitar 20.000 pengunjung. Juga, Tamagotchi Department Store, yang pertama kali dibuka pada tahun 2007 di Tokyo Dome dan kemudian pindah ke Harajuku, telah memainkan peranan besar dalam menjaga agar minat masyarakat terhadap seri produk tersebut tetap hidup – dan juga menyediakan tempat untuk para penggemar untuk datang dan berkumpul.

Di toko tersebut Anda tidak saja bisa mendapatkan Tamagotchi dalam berbagai model, namun juga permen Tamagotchi, mainan/boneka gendong Tamagotchi, pakaian, dan alat tulis. Bahkan tempat itu juga menawarkan donat Tamagotchi!

tamagotchi-donuts

Kabar buruk untuk para fans luar negeri adalah bahwa Bandai tidak lagi terlalu memaksakan untuk memasarkan Tamagotchi secara global lagi. Namun walau begitu, melalui Japan Trend Shop, para fans di luar Jepang masih dapat memperoleh produk Tamagotchi seperti Tamagotchi iD L (LINK).

source : japantrends.com

COMMENT