SHARE THIS ARTICLE

Kasumigaseki adalah sebuah distrik yang terletak di Chiyoda, Tokyo. Kasumigaseki dikenal sebagai area di mana banyak terdapat kantor pemerintahan Jepang di dalamnya. Oleh karena itu, Kasumigaseki di benak orang Jepang sudah sangat erat hubungannya dengan pemerintah, dan sebutan Kasumigaseki sering digunakan dengan arti birokrasi pemerintah Jepang.

Ada beberapa penjelasan mengenai asal nama Kasumigaseki. Ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa Pangeran Yamato Takeru mendirikan wilayah tersebut untuk mempersiapkan pertempuran dengan orang-orang dari timur, dan nama tersebut mewakili fungsi wilayah itu untuk menjauhkan kerumunan orang. Wilayah ini sudah diperkenalkan sejak zaman Heian melalui berbagai macam puisi.

Gedung Kementerian Keuangan

Sebelum zaman Edo, Kasumigaseki adalah nama dari sebuah stasiun di jalan Ohsu, di luar Edo, di sebelah timur perbatasan Ebara. Pada tahun 1872 di zaman Meiji, Kasumigaseki menjadi nama satu kota di prefektur Tokyo, dan pada saat nama daerah di Tokyo berubah pada tahun 1967, kota tersebut terpecah menjadi wilayah Kasumigaseki dan Nagatacho saat ini.

Banyak bangunan pemerintahan di awal zaman Meiji awalnya adalah rumah Samurai yang berada di wilayah Istana Kekaisaran. Dipercaya bahwa kantor pemerintahan pertama yang terletak di wilayah yang sekarang menjadi Kasumigaseki adalah Kementerian Luar Negeri, yang didirikan di sana pada tahun 1870.

Gedung Markas Pusat Kepolisian Metro Tokyo

Pada awal masa Showa, terutama di antara tahun 1925 dan 1934, terjadi banyak pembangunan di wilayah Kasumigaseki yang dilakukan berbarengan dengan pembangunan ulang setelah Gempa Besar Kanto, di antaranya Kediaman Resmi Perdana Menteri, Kantor Polisi Metropolitan, Gedung Kementrian Dalam Negeri, Gedung Dewan Audit Jepang, dan Gedung Kementrian Pendidikan. Pada tahun 1936, Gedung Parlemen Jepang selesai dibangun di wilayah ini setelah pembangunan selama 17 tahun.

Setelah masa perang, kembali diadakan pembangunan di Kasumigaseki, dengan tujuan untuk sentralisasi pemerintahan. Gedung Sentral Pemerintahan No.1, yang selesai dibangun pada tahun 1954 adalah gedung pemerintahan terpadu pertama yang dibangun, dan menaungi Kementrian Agrikultur, Perikanan dan Kehutanan Jepang, Agensi Makanan, Agensi Kehutanan, dan Agensi Perikanan.

Gedung Departemen Kehakiman

Pada tahun 1970-an sampai 1980-an awal, pemerintah Jepang mulai memasuki zaman pencakar langit, dan membangun Gedung Sentral Pemerintahan No. 5 yang dibangun dengan bentuk bangunan tinggi, sementara itu, satu-satunya bangunan yang tersisa dari kompleks pusat pemerintahan di zaman Meiji, yaitu bangunan utama Departemen Kehakiman, yang selesai dipugar pada tahun 1995. Bangunan ini pun termasuk dalam Properti yang Penting Secara Budaya di Jepang.

Saat ini di Kasumigaseki terdapat kantor dari 24 badan pemerintahan di Jepang, termasuk di dalamnya Kementerian, Kepolisian, dan juga pengadilan.

(All images: wikipedia.org)

Sources :
COMMENT