SHARE THIS ARTICLE

Pada akhir Maret kemarin, perahu nelayan udang Ryou-Un Maru yang memiliki panjang 70 meter, dan telah hilang sejak 11 Maret 2011 lalu ketika tsunami menghantam Jepang, kembali muncul di lepas pantai British Columbia, Kanada. Pada hari kemunculan kapal ini, US Coast Guard cutter Anacapa menghalau perahu dan seketika mungkin melancarkan serangan.

Terombang-ambing tanpa lampu atau kru, Coast Guard mengatakan bahwa kapal ini membahayakan area sekitar dengan berlayar di jalur pelayaran utama. Menariknya, kapal nelayan Bernice C dari Kanada mengklaim bahwa mereka berusaha melakukan penyelamatan kapal, namun tidak mampu menarik kapal itu ke pelabuhan. Setelah klaim itu dibantah, US Coast Guard mengambil alih untuk menjegal kapal dengan menggunakan amunisi peledak standar, serta mengisi kapal tersebut dengan air.

Meskipun ini bukan yang pertama kalinya dari puing-puing tsunami untuk mencapai daerah Amerika Utara, namun sejauh ini Ryou-Un Maru adalah puing terbesar yang pernah terlihat. Menurut situs terkemuka Telegraph, diperkirakan 4-8 ton puing tersebar ke laut Pasifik, meskipun sebagian besar akan berakhir di Great Pacific Garbage Patch.

Sugoii.. Hebat sekali kapal ini berlayar tanpa kru dari Jepang hingga ke Amerika..

[source: http://www.geekosystem.com]

COMMENT