SHARE THIS ARTICLE

Tahun Baru (Shogatsu) merupakan perayaan paling penting di Jepang, sehingga persiapan untuk momen tersebut dimulai segera setelah Natal. Untuk Natal, dekorasi yang digunakan kebanyakan identik dengan yang digunakan di Barat, namun untuk Tahun Baru kebanyakan orang lebih menyukai dekorasi tradisional Jepang.

Dekorasi yang dipajang untuk Tahun Baru bukanlah dekorasi sederhana biasa, tiap elemennya merupakan lambang dari sesuatu: apakah mereka melindungi kita dari gangguan roh jahat, atau menolak nasib buruk, ataukah mereka mempersilakan Kami (dewa) yang membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun berikutnya.

Mari kita lihat beberapa dari dekorasi-dekorasi itu…

Di sisi pintu masuk ke rumah, lembaga, kuil atau candi, Anda akan melihat dekorasi yang bernama kadomatsu「門松」atau “gerbang pinus”, yaitu dekorasi yang terbuat dari 3 potongan bambu yang dipotong secara diagonal dan ranting pinus atau ume, diikat dengan tali jerami. Bambu itu melambangkan kekuatan dan pertumbuhan, sementara pinus melambangkan kehidupan yang panjang. Kadomatsu berperan untuk menyambut Toshigami, Dewa Tahun Baru. Toshigami membawa kemakmuran dan keberuntungan di tahun depan untuk keluarga (atau bisnis) yang dilindungi oleh kadomatsu.

Di bawah ini adalah sepasang kadomatsu yang difoto di depan sebuah rumah tradisional dari Asakusa, Tokyo.

kadomatsu - bigsource : muza-chan.net

Source : muza-chan.net
COMMENT