SHARE THIS ARTICLE

Diciptakan oleh seorang insinyur Jepang bernama Hitoshi Takahashi, KABUTOM RX-03 adalah sebuah robot berbentuk kumbang bertanduk, memiliki panjang 11 meter dan bobot seberat 17 ton. Mecha yang menakjubkan ini dapat berjalan dengan keenam kakinya, menyemburkan asap dari hidungnya serta selalu menarik perhatian penduduk Jepang saat robot ini muncul.

KABUTOM RX-03 ini benar-benar merupakan robot yang sangat mengesankan dan dapat berfungsi penuh yang muncul beberapa tahun terakhir ini, terutama karena robot ini didesain dan dikerjakan seorang diri oleh Hitoshi Takahashi, seorang teknisi ahli berusia 60 tahun. Insinyur Jepang ini mulai mengerjakan proyek robot raksasa pribadinya tersebut pada tahun 1997, sebagai sebuah hobi, dan 11 tahun kemudian robot ini rampung dikerjakan dan akhirnya ia memamerkan maha karyanya ini pada seluruh masyarakat Jepang dalam sebuah acara televisi populer pada tahun 2008 lalu. KABUTOM RX-03 ini langsung menjadi sangat terkenal dan sejak saat itu Hitoshi bersama robot ciptaannya ini muncul dalam banyak acara di seluruh penjuru Jepang. Banyak robot raksasa yang telah dipamerkan di Jepang sebelumnya, seperti RX87 Gundam berukuran sebenarnya atau Tetsujin28-go alias Gigantor, namun berbeda dengan robot-robot tersebut, robot yang satu ini benar-benar berfungsi sepenuhnya.

KABUTOM RX-03 boleh saja berbobot 17 ton, namun mesin raksasa ini dapat bergerak dengan lincah berkat keenam kaki dan roda-roda pendukungnya yang digerakkan dengan kekuatan diesel. Robot raksasa ini tampak seperti berjalan, namun sebenarnya kaki-kakinya berfungsi tidak lebih untuk mendorong tubuhnya ke arah yang ditentukan. Roda-roda di bawah tubuhnyalah yang menyokong berat kumbang ini dan menggerakkannya ke mana robot ini harus bergerak. Walau robot ini memiliki ruang kokpit dengan panel pengendali yang terlihat sangat keren dan mampu mengangkut beberapa orang sekaligus, KABUTOM RX-03 dapat juga digerakkan dari jauh menggunakan remote control.

Banyak orang yang menganggap Hitoshi adalah orang eksentrik yang terobsesi karena mendedikasikan 11 tahun hidupnya untuk menciptakan robot kumbang raksasa ini, namun satu hal yang pasti – jika Godzilla menyerang lagi, masyarakat Jepang kini memiliki sebuah robot canggih untuk melawannya.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=tVyeTQ5cfAc]

sumber : odditycentral.com

COMMENT