SHARE THIS ARTICLE

juon (1)

Jepang menjadi salah satu negara yang produktif dalam menggarap film-film bertema horor. Salah satu franchise bernuansa mengerikan tersebut adalah Ju-on. Sebuah film ketujuh pun baru saja dirilis dengan judul Ju-on: The Beginning of the End.

Film yang memiliki judul asli Ju-on: Owari no Hajimari ini, merupakan reboot alias daur ulang dari seri Ju-on yang sudah ada sebelumnya. Akan tetapi, unsur horor yang dihadirkan dalam film-film sebelumnya masih sangat kental.

juon (2)

Awal mula film berfokus pada ditemukannya jenazah seorang anak kecil di sebuah rumah penuh kutukan di wilayah Nerima, Jepang oleh petugas, polisi, dan wartawan. Cerita pun berkembang dengan kehadiran Yui (Nozomi Sasaki) saat ia mengunjungi rumah muridnya, Toshio Saeki (Kai Kobayashi) yang sudah lama absen dari sekolah.

juon (3)

Kisah film ini kemudian semakin meluas dengan diperlihatkannya sudut pandang karakter lain yang menjadi korban dari kutukan rumah milik keluarga Saeki. Layaknya film-film sebelumnya, sudut pandang setiap karakter diawali dengan nama tokoh bersangkutan.

juon (4)

Kengerian dalam Ju-on lalu berlanjut dengan misteri kehamilan Kayako Saeki dan asal-usul Toshio Saeki. Bahkan, beberapa karakter remaja dan kekasih Yui pun turut terlibat dalam menguak misteri kelahiran Toshio 10 tahun lalu.

juon (5)

Sutradara Masayuki Ochiai yang pernah menggarap film-film bernuansa kelam seperti Shutter dan Parasite Eve, turut menggarap naskah film ini bersama produser Takashige Ichinose.

Tak ada perubahan nuansa dalam film yang juga diberi embel-embel Ju-on 3 ini. Malah, kengerian bukan terdapat pada hal-hal mencekam yang disajikan, namun lebih kepada tampilan beberapa hantu yang lebih mirip mayat hidup.

juon (6)

Alur maju mundur yang disajikan, bertindak untuk menyamarkan beberapa kejadian yang ternyata bagian dari kilas balik film. Situasi nyata yang dirasa seperti halusinasi juga tidak memberikan sensasi baru saat kita menyaksikannya.

Akan tetapi, Ju-on: The Beginning of the End memiliki kelebihan dalam meramu alur ceritanya. Film ini juga memiliki tahapan cerita yang lebih jelas dan terfokus meskipun tidak seseram film-film Ju-on yang sudah ada.

Sehingga, bagi para penggemar film horor terutama yang diproduksi oleh negara-negara Asia, tak ada salahnya menyaksikan Ju-on: The Beginning of the End di bioskop Blitz Megaplex terdekat.

COMMENT