SHARE THIS ARTICLE

#JSnavigator Aiyuki Aikawa Diary ~ Mengintip Kemegahan Tokyo Station

Tokyo Station. Nggak lengkap rasanya kalau pergi ke Jepang tapi nggak ngelewatin Tokyo Station. Ada yang setuju denganku?

tokyo station (30a)

Nah, di artikel kali ini aku akan membahas mengenai Tokyo Station.

Tokyo Station adalah stasiun yang paling sibuk di Jepang, hal ini terlihat, bahkan seringkali aku melewati Tokyo Station dan tetap saja ramai, tak peduli pagi, siang, sore ataupun larut malam! Ya, bahkan pada tengah malam sekalipun, Tokyo Station tetaplah ramai. Tak jarang kalian akan saling bertabrakan dengan orang lain saat berjalan di dalam Tokyo Station! Sebagian besar berjalan dengan langkah cepat seperti selalu diburu waktu. Hmm…

tokyo station (32)

tokyo station (33)

tokyo station (29)

tokyo station (28)

Apa sih yang paling khas kalau berbicara mengenai Tokyo Station ini?
Yup, tak lain adalah karena desain bangunannya yang klasik dan bergaya Eropa. Tokyo station sungguh memiliki arsitektur bangunan yang mewah dan keren! Aku paling suka menikmati gaya arsitektur bangunan Tokyo Station pada malam hari, dan dari Shin-Marunouchi Building.

Mau tahu di mana Marunouchi atau Shin-Marunouchi Building? Baca terus sampai habis ya!

Berdasarkan data di Google.com, bangunan Tokyo Station memiliki panjang 304 meter, dan dilewati lebih dari 3.000 kereta per harinya. Dan juga melayani lebih dari 500.000 penumpang tiap harinya. Tokyo Station memiliki 14 Jalur kereta dan termasuk juga Shinkansen di dalamnya.

tokyo station (34)

Di Tokyo Station, juga ada hotel bintang lima yang berada tepat di deretan bangunan Tokyo station, menjadi satu dengan bangunannya. Banyak juga restoran, dan juga toko-toko yang menjual suvenir.

tokyo station (35)

Sebagai stasiun pusat, Tokyo Station dilengkapi dengan koneksi Wi-fi, pusat informasi yang tersedia dalam berbagai bahasa, tempat penukaran uang asing, dan juga loker penitipan barang, ini semua telah tersedia di Tokyo station, karena Tokyo station telah menjadi pusatnya.

Sekarang aku kasih berbagai foto arsitektural Tokyo station di malam hari. Sangat mempesona!

tokyo station di malam hari (1)

tokyo station di malam hari (10)

tokyo station di malam hari (9)

tokyo station di malam hari (8)

tokyo station di malam hari (6)

tokyo station di malam hari (5)

tokyo station di malam hari (4)

tokyo station di malam hari (3)

tokyo station di malam hari (2)

Nah, sekarang kita coba lihat ke salah satu kubah yang ada di dalam Tokyo Station. Hmm… kalian nggak akan menyadari ada apa di sini, jika kalian tidak melihat ke atas!

Kira-kira ada apa ya di atas?

kubah (2)

kubah (3)

TARAA!

kubah (1)

Ini dia penampakan yang akan terlihat kalau kalian mendongak ke atas! Keren!

kubah (4)

kubah (7)

kubah (6)

kubah (5)

kubahh

Kelihatan kan interior kubahnya yang benar-benar unik? Konon katanya, di dalam interior kubahnya, terdapat 8 zodiak yang menggambarkan arah mata angin. Hmm.. keren banget ya!

Sekarang aku ajak kalian keluar dari Tokyo Station. Kali ini keluarnya melewati kubah yang sudah aku ceritakan barusan ya.

Di dekat pintu keluar ini, adalah Marunouchi Area.

marunouchi-

marunouchi-shin marunouchi (6)

marunouchi-shin marunouchi (3)

marunouchi-shin marunouchi (2)

marunouchi-shin marunouchi (1)

marunouchi-shin marunouchi (7)

marunouchi-shin marunouchi (12)

Eh… ada yang unik nih!

marunouchi-shin marunouchi (11)

Pertama kali lihat, langsung mikir, “Itu orang beneran atau patung ya? Tapi sumpah! kelihatan real banget!
Lalu aku dekati, dan tetap saja terlihat super duper real!
Pertama aku panggil-panggil, “Ojii-san… Ojii-san…!
Kemudian aku memberanikan diri untuk mencoleknya. Cuma itu satu-satunya cara untuk tahu itu kakek beneran atau patung! Kalau memang itu kakek beneran, udah siap-siap dimarahin nih!

Eh ternyata patung. Huahaha..
Lah beneran, di aslinya beneran kelihatan super duper real! Sampe gak bisa bedain ini asli atau palsu. Cuma kelihatan kaya manusia dicat warna emas. SUER!

Lanjut yuk!
Oh ya, keluar dari Tokyo Station, kita bisa melihat 2 bangunan yang disebut Marunouchi building dan Shin-Marunouchi building, yang mana keduanya terletak di Marunouchi area, tepat di depan Tokyo Station.

marunouchi-shin marunouchi (8)

marunouchi-shin marunouchi (5)

Keduanya memiliki hubungan yang erat, Marunouchi Building adalah gedung yang lama, sementara Shin-Marunouchi building (atau biasa disebut New-Marunouchi building) adalah bangunan yang baru.

Kalau kalian memasuki Shin-Marunouchi building, naiklah hingga ke lantai atas, kalian akan menemukan banyak restoran elit. Dan naik lebih ke atas lagi, kalian akan menemukan tempat nongkrong yang lengkap dengan live music dan DJ, serta berbagai makanan yang semuanya berada di 1 lantai.

marunouchi-shin marunouchi (9)

marunouchi-shin marunouchi (10)

Nah di sini, kalian akan menemukan teras. Di situ kalian bisa melihat pemandangan malam Tokyo Station dari atas, tapi hanya jika cuaca tidak buruk ya! Karena pintu teras akan ditutup jika cuaca sedang buruk. Pada waktu aku mampir ke sana, saat itu angin tengah berhembus dengan sangat kencang, jadi pintu teras ditutup. Yah, sayang sekali ya! Padahal aku juga ingin memotret Tokyo Station dari atas… huhu…

marunouchi-shin maru

Sekian dulu ya jalan-jalan kita hari ini. Jangan sedih dulu! Aku bakal selalu nemenin kalian jalan-jalan ke banyak tempat yang menarik di Jepang. Hanya di japanesestation.com!

Sayonara!

COMMENT