SHARE THIS ARTICLE
washoku (1)
Image: GeishaBlog

Semakin populernya masakan tradisional Jepang, atau yang dikenal dengan nama Washoku, membuat Pemerintah Jepang mengeluarkan sebuah sistem sertifikasi kepada juru masaknya. Nantinya setiap chef asing yang bertugas menghidangkan Washoku akan memiliki status sesuai dengan tingkat kecakapan mereka.

Seperti dilansir Japan Today, regulasi baru ini muncul dengan tujuan meningkatkan kualitas dari makanan tersebut sekaligus menambah kans ekspor produk agrikultural dan perikanan Jepang. Pasalnya sejak mendapat pengakuan sebagai UNESCO Intangible Cultural Heritage di tahun 2013, Washoku kian marak hadir di seantero dunia namun rasanya benar-benar berbeda dari yang ada di Jepang.

Oleh karena itu, Kementrian Kehutanan, Agrikultur dan Perikanan Jepang akan membentuk badan khusus yang bertugas dalam menilai tingkat kecakapan chef asing tersebut dalam menghidangkan masakan tradisional Jepang. Mulai dari kualitas bahan, penanganan ikan mentah sampai ke penyajian seperti pelayanan terhadap konsumen. Chef asing yang sudah bekerja selama 2 tahun lebih di Jepang akan mendapat status “Emas”, sementara mereka yang telah belajar di institusi memasak selama lebih dari enam bulan akan mendapat “Perak”. “Perunggu” untuk para pemula yang sudah mendapat pelatihan dalam kurun waktu yang singkat.

Sistem ini akan diterapkan mulai tahun fiskal 2016 dan seritikat yang diperoleh dapat dipajang di restoran tempat chef itu bekerja. Wah, berarti tidak sembarang orang bisa menyajikan masakan Jepang yang rasanya benar-benar asli Jepang ya.

(featured image source: japantimes.co.jp)

Source : japantoday.com
COMMENT